Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68092
Title: | EXPLORING GROUP IDENTITY THROUGH CODE SWITCHING AND CODE MIXING PHENOMENA IN CHERRYBELLE’S SONGS (Pencarian Identitas Kelompok melalui Fenomena Alih Kode dan Campur Kode pada Lagu-Lagu Cherrybelle) |
Authors: | Anam, Syamsul Tri Wahyuningsih, Agung Cahya Utami, Septiana |
Keywords: | alih kode campur kode identitas kelompok |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ PRESS |
Series/Report no.: | ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA; |
Abstract: | Fenomena alih dan campur kode bahasa banyak ditemukan pada komunitas multilingual dan bilingual. Fenomena tersebut tidak hanya terjadi pada kehidupan sehari-hari tetapi juga digunakan di program penyiaran dan menjadi tren pada lagu-lagu Indonesia, terutama pada lagu-lagu Cherrybelle. Penelitian ini merujuk pada alih dan campur kode bahasa yang terdapat pada lagu-lagu Cherrybelle. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan tipe-tipe alih dan campur kode, mencari tipe alih dan campur kode yang dominan, mengetahui alasan mengapa mereka beralih dan mencampur kode pada lirik lagu mereka, dan yang terakhir untuk mencari identitas kelompok melalui fenomena alih dan campur kode. Objek dari penelitian ini adalah teks lirik lagu dan wawancara. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sembilan lagu Cherrybelle dan wawancara semistruktur online dari manager dan lima anggota Cherrybelle. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena alih dan campur kode pada lagu-lagu Cherrybelle mengindikasikan dua macam identitas kelompok. Identitas kelompok Cherrybelle yang pertama adalah kelompok perempuan yang bersemangat dan identitas kelompok yang kedua adalah kelompok peniru. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68092 |
Appears in Collections: | SRA-Humanities |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Septiana Cahya Utami.pdf | 260.79 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.