Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/6797
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorS U A D I N-
dc.date.accessioned2013-12-09T07:07:59Z-
dc.date.available2013-12-09T07:07:59Z-
dc.date.issued2013-12-09-
dc.identifier.nimNIM070210204012-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6797-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Karangrejo 02 kelas IIIB yang berjumlah 35 siswa yang dalam pelaksanaan pembelajarannya, siswa dibagi dalam 8 kelompok yang terdiri dari 4 dan 5 siswa dalam tiap kelompoknya. Desain ix penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menganalisis prosentase aktivitas individu, klasikal dan ketuntasan hasil belajar. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 15 November 2010 sampai 25 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu siswa. Pada siklus I, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 85,71% dan prosentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 88,57%. Pada siklus II aktivitas siswa secara klasikal mencapai 100% dan prosentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 100%. Berdasarkan data dari siklus II tersebut, maka siswa kelas IIIB telah mencapai prosentase aktivitas secara klasikal, karena kelas dikatakan aktivitasnya baik bila terdapat minimal 70% dari jumlah siswa mendapat prosentase individu minimal 65% dalam kelas itu. Sedangkan berdasarkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I dan Siklus II tersebut, maka siswa kelas IIIB telah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal, karena kelas dikatakan tuntas belajar bila terdapat minimal 70% dari jumlah keseluruhan yang telah mencapai skor ≥ 70. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan macam-macam gerak benda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204012;-
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar IPA, Macam-macam Gerak Benda, Metode Eksperimenen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN MACAM-MACAM GERAK BENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS III SDN KARANGREJO 02 TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Suadin.pdf127.71 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools