Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/67401
Title: | ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL APERSEPSI PADA BUKU SISWA MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VII KURIKULUM 2013 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM |
Authors: | Trapsilasiwi, Dinawati Diah S. L., Nurcholif Imanuddin, Try Nur Fauzi |
Keywords: | TINGKAT KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM APERSEPSI |
Issue Date: | 11-Dec-2015 |
Abstract: | Pembelajaran kurikulum 2013 disusun seimbang antara kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hal tersebut menjadikan proses pembelajaran menjadi sangat runtun, urut, dan detail. Pada proses awal pembelajaran, banyak hal yang sering terabaikan seperti penyampaian bahan prasyarat (apersepsi). Apersepsi merupakan kegiatan menghubungkan pengetahuan lama untuk membentuk pengetahuan yang baru. Kegiatan apersepsi dapat berupa memberikan soal secara lisan maupun tertulis dari sebuah buku. Soal apersepsi harus sesuai dengan tingkat kemampuan siswa dan berkualitas. Salah satu cara menganalisis atau menggolongkan soal yang banyak dipakai dalam sistem pendidikan di Indonesia, termasuk dalam bidang studi matematika adalah dengan menganalisis menurut Taksonomi Bloom (Sudjana, 1992:13). Taksonomi Bloom pertama oleh Benjamin Bloom dkk. telah direvisi oleh Anderson & Krathwohl (dalam Krathwol, 2001:218) menjadi enam kategori Taksonomi yang terurut dimulai dari tingkatan terendah mengingat (C1), memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 diambil sebagai salah satu contoh buku teks matematika untuk kelas VII yang akan maupun telah digunakan dalam pembelajaran kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase tingkat kognitif soal apersepsi pada Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 berdasarkan Taksonomi Bloom. Jenis penelitian deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan mengambil soal apersepsi yang ada dalam buku. Data pada penelitian ini adalah tingkat kognitif soal apersepsi pada Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VII berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom sehingga sumber datanya adalah buku tersebut. Instrumen yang digunakan adalah lembar klasifikasi tingkat kognitif soal yang berisi indikator tingkat kognitif menurut Revisi Taksonomi Bloom dan lembar validasi klasifikasi tingkat kognitif soal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif terhadap data hasil validasi dan data kesesuaian buku. Hasil validasi instrumen secara keseluruhan diperoleh nilai sebesar 4,67 yang berarti valid. Kategori valid, tidak perlu dilakukan validasi kembali. Namun hanya dilakukan revisi sesuai dengan saran yang diberikan oleh validator, dan instrumen tersebut sudah dapat digunakan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa buku siswa matematika SMP/MTs kelas VII kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada tahun 2014 (Edisi Revisi) semester 1 terdiri dari 74 pertanyaan yang dapat diklasifikasikan. Dari 74 pertanyaan ini, terdapat persentase pertanyaan tingkat kognitif yaitu 8,17% C1 dengan rincian 8,17% C1-mengingat kembali; 63,26% C2 dengan rincian 12,24% C2-menafsirkan, 23,29% C2-mengklasifikasikan, 15,06% C2-menarik inferensi, 1,36% C2-membandingkan, 12,24% C2-menjelaskan; 23,13% C3 dengan rincian 19,05% C3-menjalankan, 4,08% C3-mengimplementasikan; 2,72% C4 dengan rincian 2,72% C4-mengorganisasikan; 2,72% C5 dengan rincian 1,36% C5- memeriksa, 1,36% C5-mengkritisi; dan 0% C6. Buku siswa matematika SMP/MTs kelas VII kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada tahun 2014 (Edisi Revisi) semester 2 terdiri dari 35 pertanyaan yang dapat diklasifikasikan. Dari 35 pertanyaan ini, terdapat persentase pertanyaan tingkat kognitif yaitu 5,72% C1 dengan rincian 5,72% C1-mengingat kembali; 28,56% C2 dengan rincian 5,72% C2-menafsirkan, 8,57% C2-mengklasifikasikan, 2,86% C2-meringkas, 11,42% C2-menarik inferensi; 37,14% C3 dengan rincian 31,42% C3-menjalankan, 5,72% C3-mengimplementasikan; 17,14% C4 dengan rincian 2,86% C4-membedakan, 14,28% C4-mengorganisasikan; 8,58% C5 dengan rincian 2,86% C5-memeriksa, 5,72% C5-mengkritisi; dan 2,86% C6 dengan rincian 2,86% C6-merencanakan. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67401 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
110210101083.pdf | 5.59 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools