Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/67396
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Susanto | - |
dc.contributor.advisor | Kurniati, Dian | - |
dc.contributor.author | UTOMO, EDO PRAJONO LISTIANTO | - |
dc.date.accessioned | 2015-12-11T13:26:38Z | - |
dc.date.available | 2015-12-11T13:26:38Z | - |
dc.date.issued | 2015-12-11 | - |
dc.identifier.nim | 100210101094 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67396 | - |
dc.description.abstract | Pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting, karena di dalamnya tercantum kegiatan-kegiatan yang mencakup aspek-aspek kemampuan matematika yang penting seperti penerapan aturan matematika pada penyelesaian masalah tidak rutin, penemuan pola, penggeneralisasian, komunikasi matematika, dan lain-lain yang dapat dikembangkan secara lebih baik. Soal pemecahan masalah pada penelitian ini adalah tiga soal cerita yang disesuaikan dengan pertanyaan level SOLO. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 4 Jember, sebanyak 55% siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal pemecahan masalah Aritmatika Sosial, yakni dalam mengurutkan langkahlangkah menyelesaikan soal sampai menemukan penyelesaian akhir. Bahkan 70% siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal, menggunakan rumus dan berhitung. Oleh karena itu, siswa perlu diberikan latihan soal matematika dengan struktur yang meningkat kompleksitasnya. Dengan menggunakan kriteria penyusunan soal atau pertanyaan berdasarkan Taksonomi SOLO, dapat disusun soal atau pertanyaan matematika untuk mengetahui tingkat respon siswa terhadap soal atau pertanyaan matematika tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu menganalisis tingkat kemampuan kognitif dan menentukan persentase setiap tingkat kemampuan kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 4 Jember dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pokok bahasan Aritmatika Sosial berdasarkan Taksonomi SOLO. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan kemampuan tingkat kognitif siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan Taksonomi SOLO, dan pendekatan yang digunakan untuk mengolah data berupa kata-kata tertulis atau lisan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Jember berjumlah 40 siswa yang diambil secara acak dari tiap kelas. Pengamatan yang dilakukan adalah hasil kerja siswa dan wawancara dengan lima siswa yang mewakili tiap level SOLO. Data yang terkumpul disusun dan dianalisa dengan menghitung presentase kemampuan kognitif siswa pada masing-masing tingkat SOLO. Berdasarkan hasil penelitian didapat analisis kemampuan kognitif siswa adalah pada level prestruktural siswa kurang cermat dalam membaca soal. Pada level unistruktural siswa kurang teliti dalam memahami soal. Pada level multistruktural siswa kebanyakan salah dalam menafsirkan bahasa soal. Pada level relasional siswa kurang teliti dalam membaca soal, melakukan proses perhitungan dan kesalahan saat membaca pertanyaan. Pada level abstrak diperluas siswa memahami soal dan penerapan yang soal berikan sehingga siswa mencapai level tertinggi pada level SOLO. Persentase jawaban siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada pokok bahasan aritmatika sosial berturut-turut adalah 8,33% berada pada level prestruktural, 15% berada pada level unistruktural, 12,5% berada pada level multistruktural, 36,67% berada pada level relasional dan 27,5% berada pada level abstrak diperluas. Hasil penelitian menunjukan tingkat tertinggi berada pada level Relasional yaitu sebanyak 36,67%. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan kognitif siswa dalam penelitian ini sudah cukup baik, meskipun masih banyak siswa yang kurang cermat dan teliti dalam memahami soal yang menyebabkan siswa salah dalam mengerjakan soal. Dari data persentase level jawaban siswa, guru bisa mengetahui tingkat kemampuan kognitif siswanya dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah sehingga guru lebih kreatif dalam membekali siswa dengan sering memberikan latihan-latihan soal pemecahan masalah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | KOGNITIF | en_US |
dc.subject | ARITMATIKA SOSIAL | en_US |
dc.subject | TAKSONOMI SOLO | en_US |
dc.title | ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 JEMBER | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
100210101094.pdf | 4.5 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools