Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/67394
Title: | ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN NASIONAL SMP/MTS MATA PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN 2013 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DAN METODE SEC |
Authors: | Sunardi Kurniati, Dian Elisa, Ika |
Keywords: | SOAL UJIAN NASIONAL SMP/MTS TAKSONOMI BLOOM METODE SEC |
Issue Date: | 11-Dec-2015 |
Abstract: | Tujuan pendidikan ialah mendidik anak ke arah terbentuknya manusia yang berjiwa pancasila dan bertanggung jawab atas terselenggaranya masyarakat sosialis Indonesia yang adil dan makmur material dan spiritual (ketetapan MPRS No. 2 tahun 1960). Untuk melihat tingkat pencapaian tujuan pendidikan tersebut, maka diperlukan sebuah bentuk evaluasi. Tujuan mengevaluasi peserta didik di tahap akhir satuan pendidikan maka diadakan Ujian Nasional (Rachmad, 2008). Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional. Soal-soal pada Ujian Nasional harus dapat mengukur kemampuan berpikir siswa. Oleh karena itu, soal-soal pada Ujian Nasional harus mencakup seluruh materi dan dapat mewakili berbagai kemampuan berpikir, seperti ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Jadi Ujian Nasional benar-benar menjadi alat evaluasi yang hasilnya dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan dari proses belajar siswa di sekolah (Djeni, 2012:2). Pada penelitian ini dilakukan analisis pada butir soal Ujian Nasional SMP/MTs mata pelajaran Matematika tahun 2013 berdasarkan Taksonomi Bloom dan metode SEC (Surveys of Enacted Curriculum) dengan tujuan untuk mengetahui persentase klasifikasi soal berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), persentase klasifikasi tingkat kognitif soal berdasarkan Taksonomi Bloom dan metode SEC, serta mendeskripsikan keterkaitan antara Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dengan tingkat kognitif soal pada Taksonomi Bloom dan metode SEC. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode dokumentasi. Dokumen-dokumen yang digunakan adalah naskah Ujian Nasional mata pelajaran Matematika SMP/MTs tahun 2013 serta uraian materi dalam Standar Kompetensi Lulusan tahun 2013. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa angka-angka yang merupakan hasil perhitungan melalui suatu proses untuk mendapatkan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada paket soal sebanyak 40 butir soal yang dianalisis berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), soal yang tergolong pada Kompetensi kesatu (SKL 1) sebanyak 8 soal dengan persentase 20%, Kompetensi kedua (SKL 2) sebanyak 8 soal dengan persentase 20%, Kompetensi ketiga (SKL 3) sebanyak 18 soal dengan persentase 45%, Kompetensi keempat (SKL 4) sebanyak 4 soal dengan persentase 10%, dan Kompetensi kelima (SKL 5) sebanyak 2 soal dengan persentase 5%. Hasil analisis soal berdasarkan Taksonomi Bloom diketahui bahwa, soal yang tergolong ke dalam tingkat kognitif Pengetahuan (C1) sebanyak 13 soal dengan persentase 32,5%, Pemahaman (C2) sebanyak 21 soal dengan persentase 52,5%, dan Aplikasi (C3) sebanyak 6 soal dengan persentase 15%. Hasil analisis soal berdasarkan metode SEC diketahui bahwa, soal yang tergolong level Memoize (M) sebanyak 11 soal dengan persentase 27,5%, level Perform Procedure (P) sebanyak 23 soal dengan persentase 57,5%, dan level Demonstrate Understanding (D) sebanyak 6 soal dengan persentase 15%. Pemetaan soal berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) memperlihatkan bahwa sebaran soalnya tersebar merata pada kelima SKL. Hasil pemetaan soal berdasarkan Taksonomi Bloom memperlihatkan bahwa lebih dari separuh soal terletak pada tingkat Kognitif Pemahaman (C2), Sedangkan untuk tingkat yang lebih tinggi Analisis (C4), Sintesis (C5), dan Evaluasi (C6) sama sekali tidak tercakup. Hasil pemetaan soal berdasarkan Metode SEC mempelihatkan bahwa sebaran soal UN kurang proporsional, karena didominasi oleh level perform Procedure (P) dan dua aspek kognitif tidak terwakili sama sekali. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67394 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
100210101008.pdf | 4.44 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools