Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/67390
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLesmono, Albertus Djoko-
dc.contributor.advisorWahyuni, Sri-
dc.contributor.authorIndawati, Tri Indo-
dc.date.accessioned2015-12-11T13:00:19Z-
dc.date.available2015-12-11T13:00:19Z-
dc.date.issued2015-12-11-
dc.identifier.nim110210102077-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67390-
dc.description.abstractPembelajaran fisika merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, khususnya pada tingkat sekolah menengah atas (SMA). Berdasarkan hasil wawancara terbatas di salah satu SMA di Kabupaten Jember diperoleh informasi dari 10 siswa, 7 siswa diantaranya siswa merasa jenuh dan kurang tertarik dengan pelajaran fisika karena proses pembelajaran fisika yang dilakukan di sekolah mereka hanya terbatas dengan pemberian materi oleh guru, menghafalkan rumus, dan mengerjakan soal. Hal tersebut berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan inovasi dalam penyusunan perangkat pembelajaran yang lebih baik, salah satunya adalah bahan ajar. Namun, bahan ajar yang sering ditemui dari beberapa penerbit memiliki karakteristik yang berbeda dan masih kurang mendorong siswa untuk menemukan konsep fisika secara mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di SMA yang valid serta mengetahui motivasi belajar dan hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS berbasis Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Pengimplementasian bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam kegiatan pembelajaran terdiri dari 5 kegiatan utama yaitu mengidentifikasi masalah, merumuskan dugaan semetara, melakukan percobaan, menganalisis dan menyimpulkan. Lima kegiatan utama ini akan mendorong siswa untuk mencari tahu sendiri apa yang mereka pelajari. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Kencong yang berjumlah 41 orang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling melalui analisis siswa yang merupakan salah satu tahapan dalam pengembangan perangkat pembelajaran model 4-D. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Sumber data dari penelitian ini adalah berupa hasil validasi bahan ajar, hasil motivasi belajar dan hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Uji pengembangan dilakukan dalam dua tahap yaitu validasi ahli dan uji coba lapangan. Hasil dari validasi ahli diperoleh nilai 3,88 dan termasuk cukup valid untuk bahan ajar berupa LKS berbasis Pembelajaran Inkuiri Terbimbing . Bahan ajar berupa LKS berbasis Pembelajaran Inkuiri Terbimbing ini juga perlu diperbaiki pada aspek format, bahasa, isi, dan ilustrasi. Selain itu, berdasarkan hasil uji coba lapangan, siswa memiliki persentase motivasi 80% yang termasuk kategori termotivasi. Hasil belajar siswa dalam ranah afektif memiliki persentase paling tinggi yaitu 83% , ranah psikomotorik mencapai persentase 78%, ranah kognitif memiliki persentase terendah yaitu 64% dengan hasil belajar classical sebesar 72,25% diambil dari jumlah rata-rata dari tiga ranah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa 1) bahan ajar berupa LKS Berbasis Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dikategorikan cukup valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran setelah melalui proses revisi berupa penambahan rumus, format tulisan dan penambahan ilustrasi gambar; 2) motivasi belajar siswa secara keseluruhan dapat dikatakan siswa termotivasi; 3) hasil belajar siswa terhadap bahan ajar berupa LKS berbasis Pembelajaran Inkuiri Terbimbing secara keseluruhan dapat dikatakan sedang dan persentase tertinggi terdapat pada ranah afektif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectBAHAN AJARen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBINGen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tri Indo Indawati - 110210102077.bak.pdf2.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools