Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/67377
Title: MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DISERTAI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA-FISIKA DI SMP (STUDI PADA SISWA KELAS VII SMPN 11 JEMBER)
Authors: Indrawati
Handayani, Rif’ati Dina
Sa’diyah, Halimatus
Keywords: CONCEPT ATTAINMENT
METODE DEMONSTRASI
Issue Date: 11-Dec-2015
Abstract: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas dasar sikap ilmiah dan hasilnya terwujud sebagai produk ilmiah yang tersusun dari tiga komponen penting berupa konsep, prinsip, dan teori yang berlaku secara universal. Dalam pembelajaran IPA-fisika, siswa dituntut untuk memahami suatu konsep melalui keterampilan berfikirnya. Proses pembelajaran di dalam kelas lebih banyak diarahkan kepada siswa untuk menghafal informasi saja. Sehingga siswa hanya mempelajari IPA pada domain kognitif yang terendah. Sehingga siswa tidak dibiasakan untuk mengembangkan proses berfikirnya untuk menguasai konsep. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran IPA yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, kondisi siswa serta materi yang sedang dipelajari. Salah satu model dan metode pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk memperoleh suatu konsep dengan dibantu pertanyaan-pertanyaan dari guru adalah model pembelajaran concept attainment disertai metode demonstrasi. Tujuan dari penelitian adalah mengkaji perbedaan antara aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran concept attainment disertai metode demonstrasi dengan model pembelajaran langsung dalam pembelajaran IPA-fisika di SMP dan mengkaji pengaruh model pembelajaran concept attainment disertai metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 11 Jember. Adapun sebelum pemilihan sampel dilakukan uji homogenitas, dengan jumlah populasi kelas VII sebanyak 6 kelas dan diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan Control Group Post test Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Sumber data berasal dari penilaian oleh peneliti, penilaian observer, dan post-test. Adapun teknik analisis data menggunakan Independent Samples T-test dengan bantuan software SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah. Berdasarkan hasil analisis dari tujuan penelitian pertama bahwa hasil pengujian dengan menggunakan uji Independent Samples T-test diperoleh nilai Sig(2-tailed) sebesar 0,000. Sig.(2-tailed) yang diperoleh dalam aktivitas belajar siswa lebih kecil dari £\ = 0,05, maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran concept attainment disertai metode demonstrasi dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil analisis data dari tujuan penelitian kedua bahwa hasil pengujian dengan menggunakan menggunakan Independent-Sample T-test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 atau „T 0,05 sehingga ditolak dan diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa model pembelajaran concept attainment berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa di SMP. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Ada perbedaan yang signifikan aktivitas belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran concept attainment disertai metode demonstrasi dengan kelas menggunakan model pembelajaran langsung, dan 2) model pembelajaran concept attainment disertai metode demonstrasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa di SMP.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67377
Appears in Collections:UT-Faculty of Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Halimatus Sa'diyah - 100210102115.pdf5.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools