Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/67365
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING (RBL) DIKOMBINASIKAN DENGAN SNOWBALL THROWING TERHADAP METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI
Authors: Suratno
Fikri, Kamalia
Febriani, Risa
Keywords: RESOURCE BASED LEARNING
SNOWBALL THROWING
METAKOGNISI
Issue Date: 11-Dec-2015
Abstract: Pembelajaran biologi saat ini dimaknai sebagai cara berpikir dan bertindak (a way of thinking and acting) dan cara penyelidikan ilmiah (a way of investigating) (Susanto, 2010). Hal ini terkait dengan kurikulum 2013, yang bertujuan mendorong siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan, apa yang mereka peroleh setelah menerima materi pembelajaran. Kemampuan metakognitif telah mendapatkan perhatian dalam Kurikulum 2013. Keterampilan metakognitif dan prestasi akademik memiliki hubungan positif yang dapat diberdayakan (Coutinho, 2007). Model pembelajaran berbasis metakognitif memandang belajar sebagai usaha menyadarkan siswa dalam mengendalikan aktivitas belajarnya (Moore, 2004). Salah satu caranya yakni dengan menerapkan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL). Berkaitan dengan peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Resource Based Learning (RBL) perlu diringi suatu proses pembelajaran yang menarik dan dapat memotivasi siswa agar dapat diperoleh hasil belajar yang maksimal. Salah satu model pembelajaran yang menarik dan menghibur siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran permainan yakni Snowball Throwing atau melempar bola salju (Hamid, 2011:207). Tujuan dari penelitian ini yang pertama untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dikombinasikan dengan Snowball Throwing terhadap metakognisi siswa. Tujuan kedua yakni untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dikombinasikan dengan Snowball Throwing terhadap hasil belajar biologi. Jenis penelitian ini yakni penelitian quasi eksperimental. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran metakognisi menggunakan angket MAI, tes hasil belajar siswa (soal pretes dan postes), observasi mengajar, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Hasil dari data metakognisi siswa menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan menunjukkan nilai metakognisinya sebesar 145,1 ± 38,1, kemudian setelah diberi perlakuan sebesar 150,2 ± 39,3, selisih diantara keduanya yakni sebesar 5,1. Hasil dari data metakognisi siswa pada kelas kontrol sebelum perlakuan yakni sebesar 147,6 ± 28,5, setelah perlakuan sebesar 148,1 ± 28,7 dan untuk selisih diantara keduanya sebesar 0,5. kriteria nilai dari kedua kelas tersebut yakni B ((138,5–172,9)/ Oke) dengan penjelasan yakni sadar akan berpikir sendiri dan bisa membedakan tahap-tahap input-elaborasi-output pikirannya sendiri. Kadang-kadang menggunakan model untuk mengatur berpikir dan belajarnya sendiri. Berdasarkan hasil analisis ANAKOVA data terhadap hasil belajar kognitif (nilai pretest dan posttes) siswa diketahui bahwa besarnya nilai signifikansi 0,025 (<0,05). Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dikombinasikan dengan Snowball Throwing berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan analisis dengan uji t dari hasil belajar afektif dapat diketahui besarnya nilai signifikansi 0,000 (<0,05), hal ini berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, dengan artian bahwa model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dikombinasikan dengan Snowball Throwing berpengaruh terhadap hasil belajar afektif siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dikombinasikan dengan Snowball Throwing dapat meningkatkan metakognisi dan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa (hasil belajar kognitif dan afektif).
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67365
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Risa Febriani - 110210103052.pdf9.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools