Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/67307
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorBektiarso, Singgih-
dc.contributor.advisorMahardika, I Ketut-
dc.contributor.authorSa'diyah, Nurhalimatus-
dc.date.accessioned2015-12-11T03:13:02Z-
dc.date.available2015-12-11T03:13:02Z-
dc.date.issued2015-12-11-
dc.identifier.nim000210102186-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67307-
dc.description.abstractModel pembelajaran ARIAS merupakan salah satu altematif yang dapat digunakan oleh guru sebagai dasar melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam usaha meningkatkan motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran ARIAS berisi lima komponen yaitu assurance, relevance, mrerest. assessment dan satisfaction yang merupakan satu kesatuan yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) adalah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional 2) seberapa besar efektifitas relatif penggunaan model ARIAS dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan l) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional 2) untuk mengetahui seberapa besar efektifitas relatif penggunaan model ARIAS dalarn pembelajaran fisika Adapun salah satu manfaat penelitian ini yaitu sebagai masukan tentang altematif penggunaan model pembelajaran. Tempat dan waktu penelitian ditentukan dengan metode purpossive samplmg area, desain penelitian menggunakan control pre - tes - post - test, responden penelitian ditentukan dengan metode cluster sampling. Pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, angket dan tes. Hasil tes dan angket dianalisa dengan uji statistik sedangkan basil dokumentasi dan observasi diinterpretasikan. Hasil uji t-tes sebesar 1,77 dan t-tabel sebesar 1,65 yang berarti ada perbedaan signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa efektifitas relatif penggunaan model ARIAS dalam pembelajaran fisika sebesar 8,47% dan termasuk dalam kriteria tidal< efektifen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMODEL ARIASen_US
dc.subjectFISIKAen_US
dc.titlePENGGUNAAN MODEL ARIAS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Studi Komparatif Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Energi Pada Siswa Kelas I Semester II SMP Negeri 10 Jember Tahun Pelajaran 2003/2004)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
000210102186 Nurhalimatus Sa'diyah.pdf19.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools