Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/67114
Title: PEMASARAN PAKET WISATA TOUR AND GUIDING PADA PT. LOMBOK GO HILDAYS
Authors: Handini, Yuslinda Dwi
Sembiring, Lusi Anggraeni
Sitepu, Putera Mascota
Keywords: PEMASARAN PAKET
WISATA TOUR AND GUIDING
Issue Date: 8-Dec-2015
Abstract: Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan alam dan budaya. Keindahan alam yang dihuni oleh berbagai jenis etnik dengan keragaman budaya yang khas sangat mendukung perkembangan sektor Pariwisata. Akan tetapi, sampai saat ini semua potensi dan kekayaan tersebut belum dimanfaatkan secara optimal. Wilayah Indonesia yang dilewati garis khatulistiwa menjadikan Indonesia beriklim tropis yang memunculkan beraneka ragam flora dan fauna yang mempesona para wisatawan untuk datang berkunjung ke Indonesia. Keadaan geografis ini berupa hutan tropis, pantai, gunung dan juga lautan serta keanekaragaman budaya yang merupakan modal besar dasar yang sangat potensial untuk dijadikan Daerah Tujuan Wisata (DTW). Perjalanan wisata sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern pada saat ini, Seiring dengan perkembangan zaman, perjalanan wisata bahkan beralih fungsi tidak lagi sebagai sarana untuk rekreasi semata melainkan sudah menjadi gaya hidup yang dianggap dapat meningkatkan status sosial seseorang dalam tatanan kehidupan masyarakatnya. Akhir-akhir ini perjalanan wisata mulai tumbuh sebagai suatu fenomena pelepasan dan berupa wisata bersenang-senang atau pun wisata rekreasi, sebagai cara untuk melepaskan diri dari kesibukan dunia kerja serta kejenuhan hidup. Seiring dengan perkembangan dunia pariwisata lambat laun menjadi suatu gaya hidup masyarakat dalam melakukan perjalanan wisata dengan cara mengunjungi tempat-tempat wisata dari berbagai daerah maupun wisata yang terkenal di dunia seperti yang kita ketahui, promosi ke luar negeri sangat di butuhkan untuk menginformasikan objek-objek dan atraksi wisata yang ada, baik itu hotel yang tersedia, restoran, angkutan wisata dan events yang di selenggarakan setiap tahunnya. Dengan disebarluaskannya alat-alat promosi ke luar negeri maka diharapkan wisatawan asing akan tertarik dan ingin melakukan perjalanan wisata ke Indonesia. PT.Lombok Go Holidays adalah salah satu biro perjalanan wisata di Kota Mataram Pulau Lombok yang bergerak di bidang jasa. Adapun kegiatan-kegiatan usaha Biro Perjalanan Wisata PT. Lombok Go Holidays antara lain berupa : 1.Menyusun dan menjual paket wisata (package tour) luar negeri atas dasar permintaan. 2. Penyelenggaraan atau menjual pelayanan wisata. 3. Menyusun dan menjual paket wisata dalam negeri kepada masyarakat. 4. Menyelenggarakan pemanduan wisata. 5. Menyediakan fasilitas untuk wisatawan. 6. Menjual tiket sarana angkutan dan lain- lain. 7. Mengadakan pemesanan sarana wisata. 8. Mengurus dokumen-dokumen perjalanan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kegiatan pemasaran yang dilakukan di PT.Lombok Go Holidays adalah melakukan kegiatan pemasaran paket-paket wisata ke berbagai instansi perusahaan swasta, perusahaan pemerinta dan ke berbagai lembaga pendidikan. selain itu kegiatan pemasaran yang dilakukan yaitu berupa kegiatan berupa ASPPI (ASSOSIASI PELAKU PARIWISATA INDONESIA) yang bertema lombok travel mart II. acara ini adalah acara terbesar untuk mempromosikan Pulau Lombok. Tahap pengurusan proses tour guiding di PT.Lombok Go Holidays adalah pertama bagian accounting mencatat hasil reservasi serta mengkordinasi ke perusahaan dan melakukan kerjasama dengan pihak hotel, restauran, tempat oleh-oleh dan guide. kedua peserta akan melakukan registrasi lewat email, telepon, dan fax, selama tour berlangsung guide akan memberikan lembaran guest commen dan map lombok serta penjelasan tempat-tempat objek wisata yang akan dikunjungin selama tour berlangsung
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67114
Appears in Collections:Diploma Programme - Faculty of Social and Political Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Putera Mascota Sitepu - 120903102020.pdf6.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.