Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/67109
Title: PERAN BANQUET SEBAGAI KUNCI SUKSESNYA SEBUAH EVENT DI ROYAL HOTEL n’ LOUNGE JEMBER
Authors: Wibisono, Indra Perdana
Pamungkas, Job
Wardana, Argha Bayu
Keywords: PERAN BANQUET
ROYAL HOTEL n’ LOUNGE JEMBER
Issue Date: 8-Dec-2015
Abstract: Hotel adalah sebuah gedung yang digunakan untuk tempat penginapan dengan tujuan komersial dan menyediakan jasa pelayanan secara professional bagi para tamu termasuk penyediaan makanan, minuman, dan fasilitas lainnya. (Manurung dan Tarmoezi, 2005). Dalam sebuah hotel terdapat dua bagian penting yang memiliki prioritas pelayanan kepada tamu yaitu front office dan restoran, Adapun salah satu hotel tersebut adalah Royal Hotel n’ Lounge, hotel ini adalah hotel berkelas bintang tiga (***) memiliki produk yang hampir sama dengan hotel lain pada umumnya, seperti kamar, makanan, minuman hingga swimming pool. tujuan praktek kerja nyata ini adalah untuk mengetahui kinerja banquet yang minim dapat menampung event saat high season, diharapkan tugas akhir ini dapat memberikan hasil positif bagi penulis maupun pembaca bahwa suatu pekerjaan yang berat bila dikerjakan bersama akan terasa ringan. Pada Royal Hotel n’ Lounge terdapat salah satu departemen yang melayanani makan dan minum yaitu food and beverage service dan produk, departemen ini sangat penting bagi hotel karena disinilah tamu mendapatkan kebutuhan mereka dari makanan maupun minuman bisa juga bagi tamu yang ingin bersantai sejenak dengan teman ataupun keluarga, food and beverage menyediakan fasilitas lounge untuk pelengkap kebutuhan para tamu. Adapun food and beverage memiliki bagian yang bertanggung jawab atas pelaksanaan jamuan atau yang lebih sering disebut event yaitu banquet. Staf pada banquet sangatlah minim hanya beranggotakan satu orang, jika ada event untuk set up ruangan, pelayan yang bertindak sebagai waiter akan membantu set up ruangan serta kebutuhan yang diperlukan untuk event. Adapun jika ada event yang terbilang besar maka akan menggunakan tenaga casual, cara viii ini digunakan oleh Royal Hotel n’ Lounge untuk menghindari resiko terjadinya complaint dari tamu yang mengadakan event. Resiko terjadinya complaint sangat dihindari oleh Royal Hotel n’ Lounge karena hotel ini memiliki visi untuk menjadi hotel terbaik di kawasan timur pulau Jawa. Disini hotel berupaya untuk terus memperkecil terjadinya resiko complaint karena complaint dapat mengakibatkan nama hotel tidak baik serta kehilangan kepercayaan dari para pelanggan. Pada Royal Hotel n’ Lounge bagian Banquet memiliki kekurangan yaitu tenaga banquet yang tidak mencukupi ketika ada event yang berskala besar. Adapun hal tersebut ditutupi oleh komunikasi yang baik antar staf banquet, kekompakan staf banquet, loyalitas yang tinggi antar staf banquet, saling memperbaiki setting ruangan yang kurang rapi, saling menerima kritik dan saran, saling mengerti antar staf banquet.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67109
Appears in Collections:Diploma Programme - Faculty of Social and Political Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Argha Bayu Wardana - 110903102017.pdf1.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.