Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/67078
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | A.T. Hendrawijaya | - |
dc.contributor.advisor | Indrianti, Deditiani Tri | - |
dc.contributor.author | Nurwidayati, Aprillia | - |
dc.date.accessioned | 2015-12-08T02:06:58Z | - |
dc.date.available | 2015-12-08T02:06:58Z | - |
dc.date.issued | 2015-12-08 | - |
dc.identifier.nim | 110210201014 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67078 | - |
dc.description.abstract | Perkembangan kognitif adalah salah satu aspek perkembangan pada anak yang sangat diharapkan oleh wali murid POS PAUD Catleya 60 Kabupaten Jember khususnya kelompok B. Namun pada kenyataan aspek perkembangan tersebut belum dimiliki anak dengan baik. Hal tersebut dikarenakan anak hanya dipacu untuk menyelesaikan tugas di majalah maupun buku harian, sehingga anak jarang untuk diberi kesempatan dalam mengutarakan suatu pengetahuan. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang lebih bervariasi dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak. Dalam penelitian ini media yang digunakan untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak adalah flash card. Sehingga diperoleh rumusan masalah, yaitu apakah penggunaan permainan flash card dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di Kelompok B POS PAUD Catleya 60 Kabupaten Jember?. Untuk tujuan penelitian yaitu, untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di Kelompok B POS PAUD Catleya 60 Kabupaten Jember melalui penggunaan permainan flash card. Sehingga hasil dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran terutama untuk meningkatkan perkembangan kognitif peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan purposive area yaitu di Kelompok B POS PAUD Catleya 60 Kabupaten Jember, dikarenakan peneliti memiliki tujuan khusus dan pertimbanganpertimbangan di tempat tersebut. Untuk teknik pengambilan subyek penelitian, menggunakan teknik sampel bertujuan. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan instrumen skala penilaian dan metode dokumentasi. Metode analisis datanya menggunakan rumus mean. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua kali pembelajaran. Siklus pertama diuji dengan permainan flash card seri bentuk, siklus kedua diuji seri warna, dan siklus ketiga diuji dengan seri binatang. Dalam permainan flash card ini pengetahuan anak diuji melalui mengutarakan daya persepsi, pikiran, penalaran, daya ingat, konsentrasi, pemahaman simbol, serta pemecahan masalah dari gambar flash card di setiap serinya yang diperlihatkan tidak lebih dari satu detik. Dari hasil evaluasi pra siklus diperoleh data 4 peserta didik cukup berkembang dan 3 peserta didik kurang berkembang. Hasil evaluasi siklus pertama diperoleh data 3 peserta didik berkembang baik, 3 peserta didik cukup berkembang, dan 1 peserta didik kurang berkembang. Hasil evaluasi siklus kedua diperoleh data 3 peserta didik berkembang sangat baik dan 4 peserta didik berkembang baik. Hasil evaluasi siklus ketiga diperoleh data 7 peserta didik berkembang sangat baik. Dari ketiga siklus dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan perkembangan kognitif setiap peserta didik yang dilaksanakan melalui permainan flash card. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan melalui beberapa tindakan, dari siklus pertama, kedua, dan ketiga dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan flash card sangat tepat untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini dan melatih ketertiban anak dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga dari hasil penelitian di setiap siklusnya dalam penilaian indikator perkembangan kognitif yang mengalami peningkatan, maka dari itu disarankan kepada pendidik anak usia dini untuk dapat menerapkan permainan flash card ini dalam membantu mengembangkan kognitif peserta didiknya. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini | en_US |
dc.subject | Permainan Flash Card | en_US |
dc.title | PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN FLASH CARD DI POS PAUD CATLEYA 60 KABUPATEN JEMBER | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Aprillia Nurwidayati - 110210201014.pdf | 4.31 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools