Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66936
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMochtar, Imam-
dc.contributor.advisorZahroul F, Chumi-
dc.contributor.authorMustikasari, Pratiei Niken-
dc.date.accessioned2015-12-07T07:47:45Z-
dc.date.available2015-12-07T07:47:45Z-
dc.date.issued2015-12-07-
dc.identifier.nim110210204033-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66936-
dc.description.abstractPemilihan strategi pembelajaran yang tepat dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat diperlukan agar materi yang disampaikan dapat diterima siswa dengan baik, dan proses pembelajaran lebih efektif sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Namun berdasarkan hasil observasi awal, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan peneliti di SDN Ajung 3 Jember diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar masih tergolong cukup. Guru tidak mengajarkan pendekatan saintifik dengan lengkap dan akibatnya ada materi yang tidak tersampaikan sehingga pembelajaran kurang bermakna. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV C pada tema indahnya negeriku subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan pembelajaran 3 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SDN Ajung 3 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV C pada tema indahnya negeriku subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan pembelajaran 3 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SDN Ajung 3 Jember. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV C di SDN Ajung 3 Jember dengan jumlah siswa 31 yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil observasi aktivitas dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor ratarata aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 49, meningkat menjadi 61,9 (kategori aktif) pada siklus I, dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 66,45 (kategori aktif). Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa untuk penilaian sikap mengalami peningkatan dari prasiklus dari 29 menjadi 57,1 (kategori sedang/cukup) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 71,83 (kategori baik). Skor rata-rata penilaian pengetahuan mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar dari 67,4 menjadi 78,9 (kategori baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,2 (kategori sangat baik). Skor rata-rata penilaian keterampilan mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 67,2 menjadi 69,1 (kategori sedang/cukup) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 76,9 (kategori baik). Saran yang berkaitan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads together (NHT) bagi guru kelas dapat dijadikan bahan pertimbangan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi pihak sekolah sebaiknya proses pembelajaran dikelas lebih diperhatikan dan media penunjang pembelajaran perlu disediakan agar dapat dipergunakan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan. Bagi peneliti lain, perlu diadakan penelitian dan pengembangan mengenai model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads together (NHT) agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Number Heads Together (NHT)en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV C TEMA INDAHNYA NEGERIKU DI SDN AJUNG 3 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Pratiwi Niken Mustikasari - 110210204033.pdf7.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools