Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66860
Title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VA SDN AJUNG 03
Authors: Satrijono, Hari
Sihono
Sari, Lutfiana Indah
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Issue Date: 7-Dec-2015
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) yang dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03 dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03 melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) yang dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03 dan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03 melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Ajung 03 sebanyak 30 siswa yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas VA SDN Ajung 03. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) yang dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03 dilakukan melalui : a) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, b) membentuk kelompok heterogen dengan jumlah 5 orang, c) memberikan pertanyaan mendasar tentang tumbuhan dan hewan, d) menentukan proyek yang akan dikerjakan, e) memfasilitasi siswa jika ada yang tanya tentang alat dan bahan, f) memberi kesempatan siswa untuk berdiskusi dengan kelompoknya, g) menyusun jadwal, h) menjelaskan cara membuat poyek yang baik, i) memonitor aktivitas siswa, j) menjelaskan cara memperesentasikan hasil proyek yang baik dan benar, k) mengevaluasi siswa, dan l) melakukan refleksi terhadap pengalaman siswa selama mengerjakan proyek. Melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning), hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03 meningkat. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar keterampilan berbicara siswa pada tahap prasiklus yaitu sebanyak 1 siswa (3,33%) tergolong sangat baik, 7 siswa (23,33%) tergolong baik, 15 siswa ( 50%) tergolong sedang/cukup dan 7 siswa (23,33%) tergolong kurang. Pada tahap siklus I rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 81%. Pada tahap siklus I sebanyak 6 siswa (20%) tergolong sangat baik, 9 siswa (30%) tergolong baik, 10 siswa (33,33%) tergolong sedang/cukup dan 5 siswa (16,67%) tergolong kurang. Selanjutnya, pada tahap siklus II Sebanyak 16 siswa (53,33%) tergolong sangat baik, 9 siswa (30%) tergolong baik, 5 siswa (16,67%) tergolong sedang/cukup. Saran bagi guru, perlu adanya variasi model pembelajaran seperti model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) agar dapat membangkitkan motivasi dan kreativitas siswa sehingga hasil belajar keterampilan berbicara siswa dapat meningkat.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66860
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Lutfiana Indah Sari - 110210204039.pdf6.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools