Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66849
Title: PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA BERBAGAI PEKERJAAN DI SDN SIDOMUKTI 1 PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Authors: Mardiati, Yayuk
Sihono
Rohmawati, Feni
Keywords: Metode Role Playing
Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV
Issue Date: 7-Dec-2015
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidomukti 1 Probolinggo dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 33 siswa yang terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan menerapkan metode role playing dalam pembelajaran. Pelaksanaan penerapan metode role playing dalam pembelajaran tematik integratif tema berbagai pekerjaan subtema jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas IV SDN Sidomukti 1 berjalan sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran dengan menerapkan metode role playing mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 44,16% dengan kategori kurang aktif, mengalami peningkatan sebesar 15,83% pada siklus 1. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 59,99% dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 71,10% dengan kategori aktif. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 11,12%. Hasil belajar siswa selama pembelajaran tematik integratif tema berbagai pekerjaan subtema jenis-jenis pekerjaan melalui penerapan metode role playing juga mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 65,06, mengalami peningkatan sebesar 5,48 pada siklus 1. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70.54 dan pada siklus II sebesar 76,97 sehingga peningkatannya sebesar 6,42 dengan rata-rata hasil belajar siklus 1 dan siklus II secara klasikal yaitu 73,77. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV tema berbagai pekerjaan di SDN Sidomukti 1 Probolinggo. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah diharapkan dapat menerapkan metode role playing dalam pembelajaran agar siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran dan menemukan sendiri pengetahuannya dalam permainan peran, sehingga pembelajaran lebih bermakna serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66849
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Feni Rohmawati - 110210204062.pdf2.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools