Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66847
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRahayu-
dc.contributor.advisorSaleh, Umar HM-
dc.contributor.authorFarhadi NR, Fajar-
dc.date.accessioned2015-12-07T04:46:45Z-
dc.date.available2015-12-07T04:46:45Z-
dc.date.issued2015-12-07-
dc.identifier.nim100210204152-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66847-
dc.description.abstractPembelajaran IPS di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember masih cenderung memakai metode ceramah yang hanya berpusat pada guru dan kurangnya pemanfaatan media sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran yang mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Permasalahan dalam pembelajaran IPS tersebut dapat diatasi dengan metode Problem Solving sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan Metode Problem Solving dengan Media Gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2013/2015?.” Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan metode Problem Solving siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2013/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember pada siswa kelas IV sebanyak 18 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model skema Hopkins dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan menunjukkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPS melalui metode Problem Solving mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 61% (kategori aktif), dan pada siklus II mencapai persentase 70%, (kategori sangat aktif). Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 9% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan menunjukkan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPS melalui metode Problem Solving mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61 dan pada siklus II sebesar 83 sehingga peningkatannya sebesar 21. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPS melalui metode Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan masalah-masalah di SDN Arjasa 02 Sukowono-Jember tahun pelajaran 2013/2015. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti adalah pembelajaran IPS dengan metode Problem Solving dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dan variasi dalam pembelajaran IPS agar siswa aktif dan tertarik dan pembelajaran yang dilakukan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMetode Problem Solvingen_US
dc.subjectMedia Gambaren_US
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.subjectPembelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah-Masalah Sosialen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAHMASALAH SOSIAL DI SDN ARJASA 02 SUKOWONO JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fajar Farhadi NR. - 100210204152.pdf1.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools