Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66843
Title: | HUBUNGAN ANTARA KEIKUTSERTAAN DALAM PELATIHAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA MASYARAKAT DI DESA PANDEAN KECAMATAN DONGKO KABUPATEN TRENGGALEK |
Authors: | Wijaya, Hendra Indrianti, Deditiani Tri Krisnawati, Ana |
Keywords: | Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar Motivasi Berwirausaha |
Issue Date: | 7-Dec-2015 |
Abstract: | Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Tempat yang diguanakan sebagai penelitian berada di Desa pandean, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek. Alasan pemilihan Desa Pandean menjadi tempat penelitian berdasarkan metode purposive area. Teknik penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik populasi yaitu diambil keseluruhan sejumlah 30 peserta pelatihan. Adapun metode pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan korelasi Product Moment dengan diperoleh r hitung sebesar 0,408. Uji reliabilitas menggunakaan Spearman Brown dengan dengan hasil uji reliabilitas sebesar 0,939. Hasil analisis dalam penelitian ini diperoleh r hitung sebesar 0,753. Nilai ini menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari pada r tabelnya. Untuk N=30 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,361 diketahui bahwa ada Hubungan Antara Keikutsertaan Dalam Pelatihan Budidaya Ikan Air Dengan Motivasi Berwirausaha Masyarakat Di Desa Pandean, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada Hubungan Antara Keikutsertaan Dalam Pelatihan Budidaya Ikan Air Dengan Motivasi Berwirausaha Masyarakat Di Desa Pandean, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan peneliti untuk Sanggar Kegiatan Belajar sebagai penyelenggara pelatihan yaitu Alangkah lebih baik jika dapat dilakukan programprogram pelatihan yang melibatkan masyarakat muda umumnya yang belum memiliki pekerjaan sehingga mereka mempunyai kemampuan untuk berwirausaha dan memperoleh penghasilan sebagai modal bagi kesejahteraan keluarganya. Selain itu, Bagi Prodi Pendidikan Luar Sekolah alangkah lebih baik jika menjaring relasi dengan SKB setempat dan pejabat desa yang berkebutuhan khusus, dalam arti terdapat masalah di dalam desa tersebut terkait dengan kurang berdayanya masyarakat, pengangguran maupun putus sekolah sehingga dapat melakukan praktik belajar secara nyata di lapangan untuk memperkaya ilmu yang dimiliki, khususnya bagi konsentrasi menejemen pelatihan, untuk mengaplikasikan dan mengembangkan ilmunya dalam mengelola sebuah pelatihan. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66843 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ana Krisnawati - 110210201012.pdf | 7.1 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools