Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66732
Title: ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN DAN STRATEGI PEMASARAN JAHE GAJAH (Zingiber offinale Rosc.) DI KABUPATEN JEMBER
Authors: Suwandari, Anik
Kusmiati, Ati
Fardani, Lukman
Keywords: PEMASARAN
STRATEGI PEMASARAN
JAHE GAJAH (Zingiber offinale Rosc.)
Issue Date: 7-Dec-2015
Abstract: Jahe (Zingiber offinale Rosc.) merupakan tanaman obat yang banyak dikenal oleh masyarakat. Salah satu tamanan rempah dan obat-obatan yang berpotensi besar untuk dikembangkan secara komersial dan berwawasan agribisnis adalah jahe. Untuk memenuhi kebutuhan jahe diperlukan usaha peningkatan pengembangan, pembudidayaan, dan pemasaran. Dengan adanya peningkatan terhadap pemintaan jahe, maka perlu didukung sistem yang baik, sebab tanpa ada bantuan sistem pemasaran, pelaku bisnis akan rugi karena barang hasil produksinya tidak dapat dijual. Tujuan penelitian ini dilakukan yakni (1) Untuk mengetahui pola saluran pemasaran jahe gajah di Kabupaten Jember. (2) Untuk mengetahui efisiensi pemasaran jahe gajah di Kabupaten Jember. (3) Untuk mengetahui strategi pengembangan pemasaran jahe gajah di Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, analitik dan korelatif. Metode pengambilan data menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan pada permasalahan pertama menggunakan deskriptif, permasalahan kedua menggunakan analisis biaya dan margin pemasaran sedangkan permasalahan ketiga menggunakan bauran pemasaran (Marketing mix) 4P yakni Product, Price, Place, promotion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran jahe gajah di Kabupaten Jember ada 3 macam yaitu saluran pemasaran tingkat I (Petani – tengkulak – Eksportir), saluran pemasaran tingkat II (Petani – Tengkulak – Pengecer – Konsumen), dan saluran pemasaran tingkat III (Petani – Tengkulak – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen). Saluran pemasara tinglat I merupakan saluran pemasaran yang paling efisien karena memiliki nilai MP dan efisiensi pemasaran paling kecil yakni Rp 800 dan 1,60%. Usahatani jahe gajah di Kabupaten Jember menggunakan strategi marketing mix dalam mengembangkan pemasaran jahe gajah yakni melalui kualitas dari produk, penetapan harga melalui asosiasi petani jahe gajah, memperkuat hubungan emosional dengan lembaga pemasaran dan menlakukan promosi dengan memanfaatkan sosial media
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66732
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Lukman Fardani-101510601021.pdf3.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools