Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66639
Title: ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KREATIF DALAM PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF SISWA KELAS VIII-F SMP NEGERI 12 JEMBER
Authors: Sunardi
Kristiana, Arika Indah
Fauziah, Eka Wulandari
Keywords: Berpikir Kreatif
Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar
Issue Date: 6-Dec-2015
Abstract: Kemampuan berpikir kreatif merupakan potensi yang dimiliki oleh setiap manusia, hanya tingkatannya yang membedakan. Kurikulum 2006 menyebutkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dibutuhkan untuk menguasai ilmu masa depan. Cara berpikir tersebut dapat dikembangkan melalui pendidikan matematika. Salah satu metode yang dapat mendorong keterampilan berpikir kreatif siswa adalah melalui pengajuan masalah (problem posing). Dalam pengajuan masalah, siswa diberi kegiatan untuk membuat soal kemudian menyelesaikan soal tersebut sesuai dengan konsep atau materi yang telah dipelajari. Selain itu, untuk menunjang keberhasilan siswa dalam menerima informasi dikelas, maka harus diperhatikan gaya kognitif yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Gaya kognitif merupakan karakteristik seseorang dalam menerima, menganalisis dan merespon suatu tindakan kognitif yang diberikan. Salah satu dimensi gaya kognitif yang memperoleh perhatian besar dalam pengkajian anak, khususnya anak berkesulitan belajar yaitu gaya kognitif reflektif dan impulsif. Dari uraian tersebut, akan dilakukan penelitian untuk menganalisis tingkat berpikir kreatif siswa dalam pengajuan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif reflektif-impulsif siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66639
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Eka Wulandari Fauziah - 110210101031.pdf9.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools