Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66582
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSasongko-
dc.contributor.advisorJulianto, Didik Eko-
dc.contributor.authorSaputri, Yulia Rafelia-
dc.date.accessioned2015-12-05T02:25:16Z-
dc.date.available2015-12-05T02:25:16Z-
dc.date.issued2015-12-05-
dc.identifier.nim110910202003-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66582-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi produk pada Roti Ceria di Jember. Obyek dalam penelitian ini adalah Roti Ceria Jember. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik Roti Ceria dan beberapa pengelola yang besedia untuk dijadikan narasumber. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan paradigma kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis domain dan analisis taksonomi. Analisis domain yaitu alat yang digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran obyek penelitian secara umum, sedangkan analisis taksonomi yaitu analisis terhadap keseluruhan data yang terkumpul berdasarkan domain yang telah ditetapkan. Analisis taksonomi merupakan penjelasan dari analisis domain hingga tidak ada lagi bagian yang tersisa. Hasil penelitian menerangkan bahwa Roti Ceria Jember menerapkan enam basis inovasi produk yaitu meliputi, inovasi berbasi modulasi, inovasi berbasis ukuran, inovasi berbasis kemasan, inovasi berbasi desain, inovasi berbasis pengembangan bahan komplementer dan inovasi berbasis pengurangan upaya. Inovasi yang dilakukan oleh Roti Ceria yakni dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu, pertama informasi internal yaitu ide yang diperoleh dari dalam perusahaan, kedua informasi eksternal yaitu ide yang diperoleh dari luar perusahaan dan ketiga teknologi. Dalam menghasilkan produk agar diterima oleh konsumen Roti Ceria menekankan pada keenam basis inovasi produk, harga yang ekonomis serta produk yang berkualitas dan bervariasi sesuai dengan tag line Roti ceria yaitu “ murah, enak, fresh from the oven”, sehingga produk memiliki ciri khas dan mampu menarik minat konsumen dan mempertahankan pelanggannya. Itulah yang membuat Roti Ceria masih dapat menjaga keberlangsungan hidup usahanya hingga saat ini. Hal ini terbukti dengan daerah pemasarannya yang tidak hanya di viii Jember saja namun sudah memasuki kota lain seperti probolinggo, Situbondo, dan Banyuwangi. Saluran Distribusi yang dilakukan oleh Roti Ceria tidak hanya saluran distribusi secara langsung melalui outlet Roti Ceria , tetapi Roti Ceria juga mendistribusikan hasil produknya ke retail-retail yang menjadi mitra kerja dan juga secara online melalui web, facebook dan twitter.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectINOVASI PRODUKen_US
dc.titleINOVASI PRODUK PADA ROTI CERIA DI JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yulia Rafelia Saputri - 110910202003.pdf3.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools