Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66579
Title: STRATEGI PEMASARAN OLAHAN COKELAT SEBAGAI ALTERNATIF OLEH-OLEH KHAS PADA CV. PINONIKA JAVA’S CHOCHOLATE DI KOTA BLITAR
Authors: Julianto, Didik Eko
Handini, Yuslinda Dwi
Muhammad, Rujito Nur
Keywords: PEMASARAN OLAHAN COKELAT
Issue Date: 5-Dec-2015
Abstract: Indonesia memiliki berbagai komoditas ekspor unggulan. Salah satu komoditas unggulan adalah kakao yang merupakan bahan dasar untuk pembuatan berbagai olahan cokelat. Indonesia merupakan penghasil kakao terbesar ke tiga dunia. Perkembangan industri olahan kakao di dalam negeri berkembang karena adanya akulturasi kakao dengan budaya lokal untuk menarik minat wisatawan. Blitar merupakan daerah penghasil kakao dan memiliki potensi pariwisata yang jumlah wisatawan setiap tahunnya semakin meningkat. CV. Pinonika merupakan salah satu pelaku bisnis yang menangkap tren perkembangan olahan cokelat dan memadukanya dengan budaya lokal terutama jajanan khas Blitar yaitu enting atau geti untuk menciptkan produk baru yang diposisikan sebagai alternatif oleh-oleh khas Blitar khususya dibidang olahan cokelat. Hadirnya pesaing dan berkembanganya pasar membuat pemilik melakukan strategi terutama di bidang pemasaran. Strategi telah direncanakan dan terus dikembangkan oleh pemilik agar perusahaan mampu bersaing dan penjualan semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi strategi pemasaran yang dilakukan oleh CV. Pinonika Java’s Chocholate. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan paradigma kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara dengan key informan kemudian meluas pada informan lain yang ditunjuk oleh key informan. Peneliti juga menggunakan observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data, serta menggunakan data sekunder. Peneliti menguji keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi sumber, ketekunan, dan diskusi bersama teman sejawat. Analisis data menggunakan analisis domain dan analisis taksonomi. ix Hasil penelitian pada CV. Pinonika Java’s Chocholate menunjukkan bahwa strategi pemasaran telah direncanakan oleh pemilik usaha. Pemilik selalu mengadakan riset sederhana agar produknya sesuai dengan pasar sasaranya. Pemilik melakukan segmentasi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan segmentasi yang telah dilakukan ditentukan target konsumen yang sesuai dengan produk yang dihasilkan. Positioning produk diperoleh berdasarkan riset dan disesuaikan dengan keunggulan potensi daerah Blitar. Positioning sebagai cokelat khas Blitar ditunjang dengan diferensiasi yang solid. Pemilik melakukan strategi marketing mix yang tepat sehingga selling yang dilakukan mengalami peningkatan setiap tahun. Proses menciptakan produk olahan cokelat dijaga agar kualitasnya selalu baik, pengiriman yang tepat waktu kepada agen, reseler, dan pembeli. Pemilik menerapkan sistem pembelian online secara aman. Servis yang diberikan yang diberikan kepada konsumen mampu memuaskan konsumen sehingga merek Pinonika cokelat memiliki reputasi yang bagus. Berbagai strategi pemasaran yang telah direncanakan oleh pemilik mempengaruhi permintaan Pinonika cokelat dan usahanya semakin berkembang
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66579
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rujito Nur Muhammad - 110910202012.pdf4.85 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools