Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66519
Title: | Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Segitiga Kelas VII A semester Genap Mts Zainul Hasan Tahun Ajaran 2013/2014; |
Authors: | Hobri Arika Indah K Birmanta;, Farri |
Keywords: | Pembelajaran Kontekstual |
Issue Date: | 4-Dec-2015 |
Abstract: | Pembelajaran yang berpusat pada guru berakibat pada semakin sulitnya siswa dalam memahami materi dan mengerjakan soal-soal tertentu dalam matematika, salah satu materi yang dirasa sulit oleh siswa adalah materi segitiga. Hasil belajar siswa dalam materi segitiga tersebut masih belum cukup memuaskan. Di MTs Zainul Hasan Balung presentase keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika menurun, presentase keberhasilan rata-rata hanya mencapai 50% dari seluruh jumlah siswa, dan yang lain dibawah ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75 untuk pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan kurangnya minat siswa dalam pembelajaran matematika. Dimana pembelajaran matematika yang dilaksanakan berpusat pada guru. Sehingga diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif, memiliki rasa ingin tahu yang lebih, serta dapat meningkatkan hasil belajar mereka, khususnya untuk materi segitiga. Salah satu dari model pembelajaran yang dianggap dapat mengatasi masalah tersebut adalah pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran konsep yang membantu siswa mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Zainul Hasan Balung yaitu siswa kelas VII-A. Penelitian ini menggunakan dua siklus yang mencakup empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Setelah siklus II, dilakukan penilaian apakah terjadi peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Jika tidak terjadi peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa, penelitian dihentikan karena sudah dilaksanakan dua siklus. Data aktifitas siswa yang diperoleh pada siklus I yaitu rata-rata seluruh aspek aktivitas siswa adalah 81,51%. Apabila disesuaikan dengan kriteria aktifitas siswa maka tergolong dalam kategori baik. Untuk hasil belajar data yang diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 71,87%. Hal ini menunjukkan masih belum tuntas. Data aktifitas siswa yang diperoleh pada siklus II yaitu rata-rata seluruh aspek aktivitas siswa adalah 84,80%. Apabila disesuaikan dengan kriteria aktivitas siswa maka tergolong dalam kategori baik. Untuk hasil belajar data yang diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 90,62%. Sehingga pembelajaran pada siklus II ini dikatakan tuntas. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Penerapan model pembelajaran kontesktual sub pokok bahasan segitiga pada kelas VII A MTs Zainul Hasan tahun ajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri dengan dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga siswa mendapat pembelajaran bermakna dan lebih aktif dalam pembelajaran matematika. (2) Aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran kontekstual pada sub pokok bahasan segitiga pada kelas VII A MTs. Zainul Hasan tahun ajaran 2013/2014 mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa tersebut meliputi berdiskusi dalam kelompok, mengalisis permasalahan, mencatat hasil diskusi dalam kelompok, menyimpulkan, dan menerapkan konsep pada soal baru. (3) Hasil belajar matematika siswa setelah proses belajar menggunakan pembelajaran Kontekstual pada sub pokok bahasan segitiga pada kelas VII A MTs. Zainul Hasan tahun ajaran 2013/2014 mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II karena pembelajaran kontekstual membantu siswa mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66519 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FARRI_TA.pdf | 5.5 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools