Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66505
Title: INOVASI PRODUK BERBASIS KEMASAN PADA KERIPIK PISANG UD. SHABRINA DI LUMAJANG
Authors: Julianto, Didik Eko
Handini, Yuslinda Dwi
Al Barnadib, Muhammad Firjon
Keywords: PRODUK BERBASIS KEMASAN
KERIPIK PISANG
Issue Date: 4-Dec-2015
Abstract: Kabupaten Lumajang merupakan salah satu Kabupaten yang terkenal dengan potensi pertanian dan perkebunannya, salah satunya adalah buah pisang. Pisang yang terkenal dari Lumajang adalah pisang agung semeru dan pisang mas kirana. Cukup melimpahnya potensi buah pisang di Lumajang diikuti oleh banyaknya usaha pengolahan buah pisang menjadi berbagai macam makanan olahan, salah satu yang cukup terkenal selama ini adalah keripik pisang. UD. Shabrina merupakan salah satu usaha yang mengolah pisang menjadi keripik, khususnya pisang agung. Persaingan antar usaha keripik pisang di Lumajang yang semakin ketat tentu membuat UD. Shabrina menerapkan inovasi pada produk keripik pisangnya. Salah satu inobvasi yang diterapkan adalah inovasi produk berbasis kemasan agar produk keripik pisang milik UD. Shabrina memiliki keunggulan daripada produk keripik pisang yang lain. Penelitian berjudul “Inovasi Produk Berbasis Kemasan pada Keripik Pisang UD. Shabrina” ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan penerapan inovasi berbasis kemasan pada produk keripik pisang milik UD. Shabrina yaitu keripik pisang Shabrina. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan pada penelitian ini adalah pemilik dari UD. Shabrina dan beberapa konsumen dari UD. Shabrina. Alat analisis yang digunakan adalah analisis domain dan analisis taksonomi. Analisis domain yaitu alat yang digunakan untuk menganalisis gambarangambaran obyek penelitian secara umum, sedangkan analisis taksonomi yaitu teknis yang terfokus pada domain-domain tertentu kemudian memilah domain tersebut menjadi sub-sub domain serta bagian-bagian yang lebih khusus dan terperinci. ix Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk berbasis kemasan pada keripik pisang milik UD. Shabrina terfokus pada inovasi di tiga unsur kemasan yaitu warna, material, dan citra pada kemasan, jadi tiga unsur ini menjadi fokus utama UD. Shabrina dalam mengembangkan kemasan untuk produk keripik pisangnya. Inovasi produk yang berbasis kemasan pada keripik pisang Shabrina ini diharapkan oleh pihak perusahaan dapat menciptakan citra positif di benak konsumen bahwa produk keripik pisang Shabrina merupakan produk yang memiliki kualitas yang baik, terlihat dari kemasan produk yang bisa mengkomunikasikan produk yang dikemasnya dengan baik, sehingga keripik pisang Shabrina memiliki perbedaan yang menjadi keunggulan dibanding produk keripik yang lain.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66505
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Muhammad Firjon Al Barnadib - 110910202004.pdf4.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools