Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66453
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Indrawati | - |
dc.contributor.advisor | Gani, Agus Abdul | - |
dc.contributor.author | Nurmuji, Nastia | - |
dc.date.accessioned | 2015-12-04T06:36:17Z | - |
dc.date.available | 2015-12-04T06:36:17Z | - |
dc.date.issued | 2015-12-04 | - |
dc.identifier.nim | 100210102016 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66453 | - |
dc.description.abstract | Pembelajaran Quantum Teaching disertai CD Interaktif dalam Pembelajaran Fisika di SMA; Nastia Nurmuji; 100210102016; 2015; 40 halaman; Program Studi Pendidikan Fisika; Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Fisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan tentang alam dan gejala-gejalanya. Dalam pembelajaran fisika, dibutuhkan nalar dan keterampilan yang tinggi untuk menjawab tantangan dalam fisika. Guru dituntut untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan serta membuat siswa cenderung aktif. Untuk menjawab tantangan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran salah satunya model pembelajaran Quantum Teaching. Model pembelajaran Quantum Teaching ini menguraikan cara-cara baru yang memudahkan proses belajar lewat pemaduan unsur seni dan pencapaian-pencapaian yang terarah. Selain itu untuk membantu siswa untuk meningkatkan motivasi belajar dapat menggunakan media CD interaktif. Maka rumusan masalah yang diangkat adalah: (1) Adakah perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswaa antara menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching disertai CD interaktif dengan model pembelajaran konvensional? (2) Adakah perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains siswa antara menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching disertai CD Interaktif dengan model pembelajaran konvensional? Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Posttest only control design. Dalam penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Sampel penelitian ditentukan dengan cara cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Jember . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini viii adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data untuk hasil belajar meliputi kompetensi sikap, kompetensi keterampilan dan kompetensi pengetahuan menggunakan uji Independent samplet-test dengan bantuan SPSS 16 dan keterampilan proses sains siswa menggunakan uji Independent samplet-test dengan bantuan SPSS 16. Hasil analisis dari hasil belajar siswa menggunakan Independent sample t-test dengan Sig.(2-tailed) untuk kompetensi sikap sebesar 0,002, kompetensi keterampilan sebesar 0,01 dan kompetensi pengetahuan sebesar 0,018. Sig.(2-tailed) dari ketiga kompetensi dalam hasil belajar lebih kecil dari α = 0,05, maka Ha diterima. Dengan demikian ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching disertai CD interaktif dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil analisis keterampilan proses sains siswa diperoleh dari hasil penilaian observasi dan dokumentasi dari hasil jawaban siswa pada Lembar Kegiatan Siswa (LKS) menggunakan Independent sample t-test dengan Sig.(2-tailed) sebesar 0,009. Sig.(2-tailed) yang diperoleh dalam keterampilan proses sains siswa lebih kecil dari α = 0,05, maka Ha diterima. Dengan demikian ada perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching disertai CD interaktif dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching disertai CD interaktif dengan model pembelajaran konvensional, (2) ada perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching disertai CD interaktif dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Quantum Teaching | en_US |
dc.title | Pembelajaran Quantum Teaching disertai CD Interaktif dalam Pembelajaran Fisika di SMA; | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Nastia Nurmuji - 100210102016.pdf | 2.31 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools