Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66370
Title: Pengembangan Virtual Laboratory pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bondowoso;
Authors: Suratno
Iqbal, Mochammad
Adi, Widi Cahya
Keywords: Virtual Laboratory
Issue Date: 4-Dec-2015
Abstract: Guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan adalah guru. Guru merupakan elemen kunci dalam sistem pendidikan, khususnya di sekolah. Guru sangat menentukan peningkatan kualitas pendidikan karena tinggi rendahnya motivasi belajar siswa sangat dipengaruhi oleh kemampuan mengajar guru. Salah satu cara yang dapat digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran khusunya sains agar mudah dipahami siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk memperagakan fakta, konsep, prinsip atau prosedur tertentu agar tampak lebih nyata/ konkrit. Perkembangan Teknologi dan Informasi dalam dunia pendidikan saat ini berkembang pesat namun pengembangan media pembelajaran saat ini masih belum optimal disebabkan fasilitas yang kurang maksimal dan masih relatif banyak guru belum menguasai teknologi komputer dan internet. Oleh sebab itu diperlukan pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas media pembelajaran yang dikembangkan yakni Virtual Laboratory pada pokok bahasan sistem ekskresi kelas XI SMA dan untuk mengetahui hasil uji coba Virtual Laboratory pada pokok bahasan sistem ekskresi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Media yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Virtual Laboratory pada pokok bahasan sistem ekskresi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R2D2 (Reflective, Recursive, Design and Development) yang dikembangkan oleh ix Willis (1995). Prosedur pengembangan pada penelitian ini didasarkan pada tiga tahapan R2D2 yakni: (1) tahap pendefinisian, (2) tahap perencanaan dan pengembangan, dan (3) tahap penyebarluasan. Selajutnya dilakukan ujicoba produk dengan subjek uji coba adalah siswa SMA Negeri 2 Bondowoso kelas XI MIA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli, metode wawancara dan metode angket (ARCS). Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data hasil validasi Virtual Laboratory, motivasi belajar siswa berupa nilai pengisian angket yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Adapun analisis data yang digunakan adalah teknik analisa data persentase yang kemudian diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat validitas Virtual Laborartory yang telah divalidasi oleh validator yakni mencapai 93,05% dengan kategori sangat baik dari segi ahli materi, 90,62% dengan kategori sangat baik dari segi ahli pengembangan bahan ajar, 94,16% dengan kategori sangat baik dari segi ahli media Virtual Laborartory, 93,88% dengan kategori sangat baik dari segi guru kelas XI SMA (pengguna), dengan demikian Virtual Laborartory dikembangkan termasuk kategori sangat baik dan siap dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil ujicoba Virtual Laborartory dalam meningkatkan motivasil belajar siswa menyatakan bahwa Virtual Laborartory berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 2 Bondowoso. Pada aspek Attention (perhatian), Virtual Laborartory dapat meningkatkan perhatian siswa dengan selisih rerata nilai 1,47 yaitu dari awal 2,19 meningkat menjadi 3,66. Pada aspek Relevance (keterkaitan), Virtual Laborartory dapat meningkatkan relevansi siswa dengan selisih rerata nilai 0,67 yaitu dari awal 2,93 meningkat menjadi 3,60. Pada aspek Confidence (percaya diri), Virtual Laborartory dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dengan selisih rerata nilai 0,95 yaitu dari awal 2,32 meningkat menjadi 3,27. Pada aspek Satisfaction (kepuasan), Virtual Laborartory dapat meningkatkan kepuasan siswa dengan selisih rerata nilai 1,07 yaitu dari awal 2,55 meningkat menjadi 3,62.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66370
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Widi Cahya Adi - 110210103074.pdf7.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools