Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66357
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSubchan, Wachju-
dc.contributor.advisorPrihatin, Jekti-
dc.contributor.authorFitri, Siti Nurlailatul-
dc.date.accessioned2015-12-04T01:33:51Z-
dc.date.available2015-12-04T01:33:51Z-
dc.date.issued2015-12-04-
dc.identifier.nim080210103040-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66357-
dc.description.abstractLearning scaffolding merupakan pemberian sejumlah bantuan kepada siswa selama tahap-tahap awal pembelajaran, kemudian mengurangi bantuan dan memberikan kesempatan untuk mengambil alih tanggung jawab yang semakin besar setelah siswa dapat melakukannya. Sedangkan Active Knowledge Sharing (AKS) adalah salah satu alternatif strategi pembelajaran inovatif yang memungkinkan siswa untuk melakukan proses belajar secara aktif, memanfaatkan lingkungan belajar, guru, dan teman lain secara optimal. Asesmen portofolio dalam hal ini dijadikan sebagai asesmen alternatif berupa kumpulan dokumen tugas-tugas yang terorganisir secara sistematis dari siswa secara individual selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan AKS dengan asesmen portofolio berbasis learning scaffolding terhadap motivasi belajar biologi siswa; (2) untuk mengetahui pengaruh penerapan AKS dengan Asesmen portofolio berbasis learning scaffolding terhadap capaian hasil belajar biologi siswa; dan (3) untuk menguji besar efektivitas AKS dengan asesmen portofolio berbasis learning scaffolding terhadap motivasi dan capaian hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 10 Jember pokok bahasan Ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental. Sampel penelitian ini adalah kelas VII G dan VII H SMP Negeri 10 Jember tahun ajaran 2012/2013. Kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu penerapan srategi AKS dengan asesmen portofolio berbasis learning scaffolding dan variabel terikat yaitu motivasi dan hasil viii belajar siswa. Motivasi siswa diukur menggunakan angket ARCS yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Hasil belajar kognitif diukur melalui pre-test dan post-test. Data motivasi dan hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan uji ANAKOVA. Data hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik dianalisis menggunakan Independent Sample t Test. Efektivitas penerapan strategi AKS dengan asesmen portofolio berbasis learning scaffolding pada kelas eksperimen terhadap kelas kontrol dihitung menggunakan gain score. Hasil uji ANAKOVA nilai motivasi menunjukkan bahwa penerapan strategi AKS dengan asesmen portofolio berbasis learning scaffolding berpengaruh sangat signifikan (p=0,000) terhadap motivasi belajar biologi siswa. Persentase rerata motivasi akhir (setelah perlakuan) kelas eksperimen sebesar 86,65%, sedangkan kelas kontrol sebesar 79,59%. Hasil uji ANAKOVA nilai kognitif menunjukkan bahwa penerapan strategi AKS dengan asesmen portofolio berbasis learning scaffolding berpengaruh sangat signifikan (p=0,000) terhadap hasil belajar kognitif siswa. Rerata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 83,84, sedangkan kelas kontrol sebesar 62,83. Hasil uji Independent Sample t Test nilai afektif dan psikomotorik siswa juga menunjukkan bahwa strategi AKS dengan asesmen portofolio berbasis learning scaffolding berpengaruh signifikan dan terhadap hasil belajar afektif (p=0,002) dan psikomotorik (p=0,024). Persentase rerata nilai afektif pertemuan pertama dan kedua siswa kelas eksperimen sebesar 74,34% dan 75%, sedangkan kelas kontrol sebesar 65,14% dan 65,29%. Persentase rerata nilai psikomotorik pertemuan pertama dan kedua siswa kelas eksperimen sebesar 78,29% dan 80,92% sedangkan kelas kontrol sebesar 71,25% dan 72,14%. Berdasarkan hasil perhitungan gain score dapat diketahui bahwa rerata skor gain kelas kontrol sebesar 0,208 (Rendah), sedangkan kelas eksperimen sebesar 0,589 (Sedang), sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi AKS dengan asesmen portofolio berbasis learning scaffolding lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional (diskusi biasa) yang selama ini digunakan guru mata pelajaran biologi di SMP Negeri 10 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectACTIVE KNOWLEDGE SHARING (AKS)en_US
dc.titleEfektivitas Active Knowledge Sharing dengan Asesmen Portofolio Berbasis Learning Scaffolding terhadap Motivasi dan Capaian Hasil Belajar IPA Biologi (Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2012/2013);en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Siti Nurlailatul Fitri-080210103040.pdf4.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools