Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66262
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNuriman-
dc.contributor.advisorAgustiningsih-
dc.contributor.authorWicaksono, Arif-
dc.date.accessioned2015-12-03T08:41:24Z-
dc.date.available2015-12-03T08:41:24Z-
dc.date.issued2015-12-03-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66262-
dc.description.abstractPeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Melalui Penerapan Metode Eksperimen di Kelas IV SD Negeri Sumberpakem 01 Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015; Arif Wicaksono; 110210204096; 2015; 55 Halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran IPA, salah satunya adalah penerapan metode pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri Sumberpakem 01 Bondowoso, diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi, guru menyampaikan materi dan menulis di papan tulis tentang Energi Panas dan Energi Bunyi tanpa menerapkan metode eksperimen. Hal ini menyebabkan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif serta pemahaman siswa terhadap konsep IPA juga kurang optimal. Masalah tersebut dapat diatasi yaitu dengan menerapkan metode eksperimen pada pembelajaran IPA. Metode eksperimen dapat membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri serta memperoleh pengetahuannya secara langsung melalui kegiatan percobaan sehingga siswa lebih mudah dalam memahami konsep dari materi yang dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi melalui penerapan metode eksperimen pada siswa kelas IV di SD Negeri Sumberpakem 01 Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi dengan metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Sumberpakem 01 Bondowoso. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberpakem 01 Bondowoso sejak tanggal 8 Januari 2015 sampai 30 Mei 2015 dengan subjek penelitian seluruh siswa ix kelas IV yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus ada dua pertemuan dengan menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA. Pelaksanaan penerapan metode eksperimen dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Panas Dan Bunyi Melalui Penerapan Metode Eksperimen di Kelas IV SD Negeri Sumberpakem 01 Bondowoso berjalan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA dengan menerapkan metode eksperimen mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 74,19% dengan kategori aktif. Pada siklus II persentase rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 80,22% dengan kategori tinggi, mengalami peningkatan sebesar 6,02% dari siklus I. Hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui penerapan metode eksperimen juga mengalami peningkatan. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 71,13 dengan kategori baik. Pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74,81 dengan kategori baik, mengalami peningkatan sebesar 3,68 dari nilai siklus I. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di kelas IV Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi di SDN Sumberpakem 01 Bondowoso. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan guru menerapkan metode eksperimen pada pembelajaran IPA tema benda-benda di lingkungan sekitar agar aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectBELAJAR SISWAen_US
dc.subjectBAHASAN ENERGI PANASen_US
dc.subjectPENERAPAN METODE EKSPERIMENen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN SUMBERPAKEM 01 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Arif Wicaksono - 110210204096.pdf5.85 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools