Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66160
Title: | Penerapan Remedial dan Enrichment Model Renzulli untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik SMK Negeri 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015, |
Authors: | Handayani, Sri Soepeno, Bambang Surya, Riza Afita |
Keywords: | Remedial Enrichment |
Issue Date: | 3-Dec-2015 |
Abstract: | Pembelajaran sejarah mengkaji nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa masa lampau, agar peserta didik dapat mengambil makna yang terkandung dalam berbagai peristiwa sejarah. Namun peserta didik saat pembelajaran cenderung kurang aktif dan tidak dapat mengekspresikan ide atau gagasannya secara maksimal disebabkan metode yang dipilih pendidik kurang variatif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan mengubah metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dengan remedial dan Enrichemnt Model Renzulli merupakan pembelajaran berbasis pengayaan yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk belajar sesuai bakat dan minatnya tanpa mengabaikan tujuan pembelajaran. Penerapan remedial dan Enrichment Model Renzulli dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan remedial dan Enrichment Model Renzulli dapat meningkatkan keaktifan belajar sejarah peserta didik kelas X AK 3 SMK Negeri Jember semester genap tahun ajaran 2014/2015; (2) apakah penerapan remedial dan Enrichment Model Renzulli dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X AK 3 SMK Negeri Jember semester genap tahun ajaran 2014/201. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis peningkatan keaktifan belajar sejarah peserta didik kelas X AK 3 SMK Negeri Jember semester genap tahun ajaran 2014/2015; (2) untuk menganalisis peningkatan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X AK 3 SMK Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2014/2015. ix Manfaat dari penelitian ini adalah (1) bagi peneliti lain, sebagai motivasi untuk melakukan penelitian sejenis; (2) bagi pendidik, sebagai masukan dalam pemilihan model pembelajaran sesuai dengan materi pada pembelajaran sejarah; (3) bagi peserta didik, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah dan mengembangkan keterampilan yang dimiliki selama proses pembelajaran; (4) bagi sekolah yang diteliti, memberikan masukan dalam usaha meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah di SMK Negeri 1 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X AK 3, dengan jumlah 37 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan Kemmis dan MC Taggart dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan peserta didik dan hasil belajar sejarah. Dari 5 indikator keaktifan yang diukur pada saat proses pembelajaran berlangsung, dapat disimpulkan : Pada siklus 1 persentase 66,08% dengan kategori cukup tinggi. Pada siklus 2 meningkat 6,21% menjadi 72,29% dengan kategori tinggi. Pada siklus 3 meningkat 6,35% menjadi 78,64%. dengan kategori tinggi. Hasil belajar aspek kognitif pada siklus 1 memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 81,08%%. Pada siklus 2 meningkat 5,4% menjadi 86,48%. Pada siklus 3 meningkat 2,6% menjadi 89,18% . Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan remedial dan Enrichment Model Renzulli dapat meningkatkan keaktifan belajar sejarah peserta didik X AK 3 SMK Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2014/2015; (2) penerapan remedial dan Enrichment Model Renzulli dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik X AK 3 SMK Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2014/2015. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66160 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Riza Afita Surya-110210302030.pdf | 3.51 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools