Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66142
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuranto-
dc.contributor.advisorSoepeno, Bambang-
dc.contributor.authorRachim, Nike Yuni-
dc.date.accessioned2015-12-03T04:43:22Z-
dc.date.available2015-12-03T04:43:22Z-
dc.date.issued2015-12-03-
dc.identifier.nim110210302039;-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66142-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi dokumen dan observasi yang dilakukan pada tanggal 11 Desember 2014 di SMAN 2 Bondowoso, dapat diketahui bahwa peserta didik kelas X MIA 3 kurang memiliki kreativitas dengan rata-rata persentase kreativitas sebesar 57,3% dan hasil belajar peserta didik kurang dari KKM dengan nilai rata-rata 72. Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas X MIA 3 dari 40 peserta didik yaitu sebesar 57,5% (23 peserta didik) dinyatakan tuntas dan sebesar 42,5% ( 17 peserta didik belum tuntas). Faktor penyebab rendahnya kreativitas dan hasil belajar di kelas X MIA 3 yaitu karena kurang tepatnya strategi pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik. Banyak strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya yaitu strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif. Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif mengacu pada teori konstruktivisme, peserta didik akan dapat merekonstruksi sendiri pengetahuannya. Sehingga penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif dalam meningkatkan kreativitas peserta didik mata pelajaran sejarah kelas X MIA 3 SMAN 2 Bondowoso Tahun Ajaran 2014-2015; (2) bagaimanakah penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran sejarah kelas X MIA 3 SMAN 2 Bondowoso Tahun Ajaran 2014-2015. ix Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengkaji peningkatan kreativitas peserta didik mata pelajaran sejarah kelas X MIA 3 SMAN 2 Bondowoso Tahun Ajaran 2014-2015 melalui penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif; (2) mengkaji peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran sejarah kelas X MIA 3 SMAN 2 Bondowoso Tahun Ajaran 2014-2015 melalui penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 3, dengan jumlah 40 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan Hopkins dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen dan penilaian tugas dengan rubrik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas peserta didik dan hasil belajar sejarah. Dari 5 indikator kreativitas yang diukur pada saat proses pembelajaran berlangsung, dapat diketahui pada siklus 1 persentase kreativitas peserta didik sebesar 64,1%, pada siklus 2 persentase kreativitas peserta didik sebesar 68,4% dan pada siklus 3 persentase kreativitas peserta didik sebesar 73,3% dapat dikategorikan kreatif. Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal peserta didik pada siklus 1 sebesar 62,5%, pada siklus 2 persentase ketuntasan hasil belajar klasikal peserta didik sebesar 70,0% dan pada siklus 3 persentase ketuntasan hasil belajar klasikal peserta didik sebesar 77,5% dapat dikategorikan tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas X MIA 3 SMAN 2 Bondowoso tahun ajaran 2014/2015; (2) penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIA 3 SMAN 2 Bondowoso tahun ajaran 2014/2015.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPembelajaran Kreatif-Produktifen_US
dc.titlePenerapan Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Kelas X MIA 3 SMAN 2 Bondowoso Tahun Ajaran 2014-2015,en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nike Yuni Rachim_NIM 110210302039.pdf10.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools