Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66131
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuranto-
dc.contributor.advisorSumarno-
dc.contributor.authorPratama, Irwan Putra-
dc.date.accessioned2015-12-03T04:33:13Z-
dc.date.available2015-12-03T04:33:13Z-
dc.date.issued2015-12-03-
dc.identifier.nim110210302073-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66131-
dc.description.abstractKurikulum 2013 yang menuntut adanya perubahan pada paradigma pembelajaran dari behavioristik ke pembelajaran konstruktivistik, diantaranya adalah dari pembelajaran yang dahulunya berpusat pada pendidik (teacher centered) menuju perubahan pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered), pembelajaran interaktif, dan peserta didik dapat mencari pengetahuan/ilmu dari mana saja, maka faktor dari peserta didik yang menentukan berhasil atau tidaknya pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik. Kurikulum 2013 juga menggunakan pendekatan saintifik. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, diharapkan peserta didik dapat berperan aktif dalam pembelajaran, dapat melahirkan peserta didik yang memiliki kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Masalah yang terjadi dalam pembelajaran sejarah yang diterapkan di kelas adalah penggunaan media pembelajaran sejarah yang kurang menarik bagi peserta didik. Penggunaan media pembelajaran sejarah pada umumnya masih tidak tampak bagi perkembangan peserta didik. Melihat dari kondisi yang terjadi, peserta didik merasa bosan dalam proses pembelajaran sejarah. Hal ini akan mempengaruhi rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi rendahnya aktivitas dan hasil belajar adalah dengan pemanfaatan peta tematik sebagai media pembelajaran sejarah. Pemanfaatan peta tematik sebagai media pembelajaran sejarah akan mendorong peserta didik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran sejarah. viii Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penggunaan media peta tematik dapat meningkatkan aktivitas belajar mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Panarukan, (2) bagaimanakah penggunaan media peta tematik dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Panarukan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Panarukan, dengan jumlah 32 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model skema penelitian model Hopkins dengan 4 tahapan dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini aktivitas dan hasil belajar sejarah peserta didik menunjukkan peningkatan aktivitas peserta didik menggunakan penilaian deskripsi, dari pra siklus ke siklus 1 kemudian ke siklus 2 hingga siklus 3 mengalami peningkatan yang cukup baik dan lebih aktif dalam pembelajaran. Pada pra siklus aspek kognitif memperoleh persentase sebesar 46,87%, pada siklus 1 aspek kognitif memperoleh persentase sebesar 65,62% sehingga mengalami peningkatan sebesar 40,0%, pada siklus 2 memperoleh persentase 75,00% sehingga mengalami peningkatan sebesar 14,29%, dan pada siklus 3 memperoleh persentase 84,37% dan mengalami peningkatan sebesar 12,49%. Kesimpulan hasil penelitian: (1) terdapat peningkatan aktivitas peserta didik melalui pemanfaatan peta tematik sebagai media pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Panarukan; (2) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui pemanfaatan peta tematik sebagai media pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Panarukan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectTematiken_US
dc.titlePemanfaatan Peta Tematik Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Panarukan Tahun Pelajaran 2014/2015;en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Irwan Putra Pratama-110210302073..pdf5.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools