Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66120
Title: Kerajaan Blambangan Tahun 1736-1768 Sebagai Muatan Lokal Pembelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Atas,
Authors: Suranto
Sumarno
Kharisma, Fedian
Keywords: Kerajaan Blambangan
Issue Date: 3-Dec-2015
Abstract: Blambangan merupakan daerah kekuasaan dari Kerajaan Majapahit yang diberikan kepada Bhre Wirabumi sebagai tanah perdikan. Status Blambangan adalah sebuah tanah perdikan dan Bhre Wirabumi yang menguasainya dibawah pengaruh dari Kerajaan Majapahit. Pembelajaran sejarah yang mengaitkan dengan sejarah lokal sangat jarang diajarkan guru dalam mata pelajaran Sejarah Indonesia. Sejarah perkembangan Kerajaan Blambangan akan sangat bermanfaat dalam pembelajaran sejarah apabila digunakan sebagai salah satu contoh kerajaan kuno bercorak Hindu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana sejarah perkebangan Kerajaan Blambangan tahun 1736-1768; 2) bagaimana kedudukan sejarah perkembangan Kerajaan Blambangan tahun 1736 -1768 pada mata pelajaran Sejarah Indonesia di sekolah menengah atas; 3) bagaimana pemanfaatan muatan lokal pada pembelajaran sejarah mengenai sejarah perkembangan Kerajaan Blambangan tahun 1736-1768 di sekolah menengah atas. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis kajian sejarah Kerajaan Blambangan tahun 173 -1768; (2) menganalisis sejarah perkembangan Kerajaan Blambangan tahun 1736-1768 pada mata pelajaran Sejarah Indonesia di sekolah menengah atas; (3) menganalisis pemanfaatan muatan lokal pembelajaran sejarah mengenai sejarah perkembangan Kerajaan Blambangan tahun 1736-1768. Penelitian ini memadukan dua jenis penelitian yaitu penelitian sejarah dan penelitian pengembangan. Penerapan metode penelitian sejarah meliputi empat langkah, yaitu: 1) heuristik; 2) kritik; 3) interpretasi; 4) historiografi. Sumber sejarah yang dicari dan dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi 3 (tiga) macam, yaitu: 1) sumber benda; 2) sumber tertulis; 3) sumber lisan. Metode penelitian yang kedua adalah metode penelitian pengembangan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian sejarah yaitu pola pemerintahan masyarakat Kerajaan Blambangan terbagi menjadi dua yaitu Golongan Agung dan Golongan Alit. Kerajaan Blambangan sangat memperhatikan kesuburan tanaman padi. Kekayaan alam yang dimiliki Banyuwangi sangat menguntungkan dalam perekonomian. Jaringan bisnis yang dibangun oleh Etnis Cina dan bangsa Inggris di Blambangan telah mampu menjual padi dan 70 komoditas hasil hutan berupa madu, katun, rotan, dan sarang burung walet dalam kapasitas besar. Penelitian Kerajaan Blambangan tahun 1736-1768 merupakan salah satu kajian yang dapat mendukung tujuan pembelajaran sejarah dalam kategori mata pelajaran Sejarah Indonesia sebagai mata pelajaran wajib maupun mata pelajaran sejarah kelompok pilihan ilmu sosial. Pemanfaatan sejarah perkembangan Kerajaan Blambangan tahun 1736-1768 dalam penelitian ini berusaha mengemas sebuah produk bahan ajar. Pelaksanaan pengemasan bahan ajar tidak lepas dari implementasi model pengembangan bahan ajar maka adaptasi yang digunakan dari Model Dick And Carey. Dalam penelitian pengembangan memerlukan analisis intruksional bahan ajar dan analisis desain bahan ajar. Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) Kerajaan Blambangan menjadi wilayah vasal dari Kerjaan Majapahit yang memiliki kekayaan alam melimpah. Kerajaan Blambangan saling mengikat hubungan dengan kerajaan-kerajaan di Bali sehingga masih bertahan sebagai kerajaan bercorak Hindu terakhir di ujung timur Pulau Jawa; (2) Kedudukan sejarah perkembangan Kerajaan Blambangan tahun 1736-1768 terdapat dalam mata pelajaran Sejarah Indonesia dan Sejarah Peminataan; dan (3) Kajian sejarah perkembangan Kerajaan Blambangan tahun 1736-1768 dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan bahan ajar dari kajian sejarah perkembangan Kerajaan Blambangan tahun 1736-1768
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66120
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fedian Kharisma-100210302035.pdf5.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools