Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66088
Title: STRATEGI PEMASARAN KOPERASI INDUSTRI TAS DAN KOPER (INTAKO) TANGGULANGIN SIDOARJO PASCA BENCANA LUMPUR LAPINDO
Authors: Poerwanto
Sisbintari, Ika
Bela, Firdausyah
Keywords: STRATEGI PEMASARAN
KOPERASI INDUSTRI TAS DAN KOPER (INTAKO)
Issue Date: 3-Dec-2015
Abstract: Perkembangan dunia bisnis dan ekonomi saat ini tumbuh semakin semakin pesat. Perusahaan masa kini tidak bergerak dalam persaingan yang sudah diketahui dan sudah pasti atau pilihan pelanggan yang stabil, melainkan dalam perang antar saingan yang terus berubah atau dinamis. Untuk mampu bertahan maka perusahaan dituntut untuk mengubah atau membentuk strategi pemasaran yang baru yang lebih optimal. Untuk bisa merumuskan strategi yang efektif, perusahaan harus memiliki kemampuan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dan mengambil keputusan strategis untuk memecahkan segala bentuk permasalahan yang ada Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian campuran (mix methods) dengan paradigma deskriptif. Analisis data penelitian ini menggunakan strategi metode campuran sekuensial/ bertahap (sequential mixed methods). Terutama dengan menggunakan strategi eksploratoris sekuensial, yaitu strategi yang melibatkan pengumpulan dan analisis data kualitatif pada tahap pertama, yang kemudian di ikuti oleh pengumpulan dan analisis data kuantitatif pada tahap kedua yang didasarkan pada hasil-hasil tahap pertama. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis SWOT (strength, Weakness. Opportunity and Treat) Hasil penelitian ini adalah Dalam strategi pemasaran yang baru yang lebih optimal, terdapat beberapa faktor-faktor yang bisa menjadi penilaian perusahaan dalam mengembangkan reformulasi strategi pemasaran yang lebih baru dan optimal. Faktor-faktor yang menjadi penilaian tersebut berasal dari dari internal perusahaan maupun dari eksternal perusahaan. Dari internal perusahaan yaitu dengan cara mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan. Sedangkan dari eksternal perusahaan adalah mengidentifikasi peluang dan ancaman yang dihadapi oleh perusahaan Kesimpulan yang didapat yaitu Berdasarkan matriks I-E diperoleh posisi perusahaan saat ini, yaitu pada sel V. Strategi pertumbuhan melalui integrasi horizontal merupakan strategi yang disarankan pada posisi ini. Perusahaan yang ix berada di sel ini dapat memperluas pasar, fasilitas produksi, dan teknologi melalui pengembangan internal maupun eksternal melalui akuisisi atau joint ventures dengan perusahaan lain dalam industri yang sama untuk mempertahankan dan mengembangkan perusahaannya. Sedangkan berdasarkan hasil analisis SWOT Koperasi Intako, alternatif strategi S-O lebih tepat untuk digunakan oleh koperasi Intako saat ini dalam menyususun kebijakan strategi perusahaannya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66088
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
080910202007_Firdausyah Bela.pdf2.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools