Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66078
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorUmar HMS-
dc.contributor.advisorWahyuni, Sri-
dc.contributor.authorHasanah, Vityatun-
dc.date.accessioned2015-12-03T03:13:53Z-
dc.date.available2015-12-03T03:13:53Z-
dc.date.issued2015-12-03-
dc.identifier.nimPengembangan Modul Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Mekanisme Debet dan Kredit untuk Siswa Kelas X Ak Semester Ganjil SMK negeri 1 Jember; Vityatun Hasanah, 090210301040;-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66078-
dc.description.abstractProgram keahlian akuntansi di SMK merupakan program keahlian yang memuat suatu kompetensi yang harus dikuasai peserta didik baik berupa konsep teori maupun praktek yang harus dilakukan. Peserta didik beranggapan bahwa akuntansi merupakan mata pelajaran yang sulit dan rumit terutama bagi kelas X. Hal tersebut menuntut guru untuk memiliki strategi yang tepat dalam menyampaikan materi secara menarik, salah satunya dengan menggunakan modul pembelajaran. Penerapan Kurikulum 2013 di beberapa sekolah percontohan salah satunya di SMK Negeri 1 Jember tidak diimbangi dengan penyediaan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan dalam K13. Untuk mengatasi hal tersebut guru membuat handout sebagai bahan ajar yang disesuaikan dengan materi. Namun, penggunaan bahan ajar tersebut kurang memberikan hasil yang maksimal yang ditunjukkan dengan siswa kurang antusias dalam menggunakan bahan ajar (handout) tersebut, sering berbicara sendiri saat proses pembelajaran, guru masih harus mengulang-ulang penjelasannya, dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Dengan demikian diperlukan pengembangan terhadap bahan ajar yang selama ini digunakan agar lebih menarik, efisien, dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 yang menarik, efisien, dan efektif pada kompetensi dasar mendeskripsikan mekanisme debet dan kredit untuk siswa kelas X Ak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 4-D yang disarankan oleh Thiagarajan yang dimodifikasi menjadai 3-D (define, design, dan ix develop). Ujicoba produk dilakukan sebanyak dua kali (terbatas dan lebih luas) dilakukan setelah tahap validasi modul oleh para validator. Ujicoba terbatas dilakukan pada 10 siswa kelas X Ak 2 dan ujicoba lebih luas dilakukan pada 39 siswa kelas X Ak 3 di SMK Negeri 1 Jember. Model pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Uji tingkat daya tarik media dengan menskor hasil angket respon siswa pada ujicoba terbatas dan lebih luas; (2) Uji tingkat efisiensi media diketahui dari hasil pengamatan dan wawancara peneliti dengan guru pengampu mata pelajaran akuntansi dan siswa kelas X Ak; serta (3) Uji tingkat efektifitas modul dilakukan dengan membandingkan hasil belajar pretest (sebelum menggunakan modul yang dikembangkan) dan postest (sesudah menggunakan modu yang dikembangkan). Hasil validasi tahap II menunjukkan bahwa modul akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 merupakan modul (bahan ajar) yang layak untuk diujicobakan dengan rata-rata skor penilaian oleh para validator 80,5%. Kemudian modul tersebut diujicobakan pada ujicoba terbatas dan ujicoba lebih luas, yang hasilnya menunjukkan bahwa modul akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 merupakan modul yang menarik, efisien, dan efektif. Pada ujicoba lebih luas diperoleh rata-rata hasil skoring respon siswa terhadap modul tersebut sebesar 83% (sangat menarik); rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang meningkat dari 70,50% menjadi 90,89% dengan waktu belajar lebih sedikit dibandingkan dengan waktu yang dialokasi dalam silabus. Produk yang dihasilkan berupa modul akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 pada kompetensi dasar mendeskripsikan mekanisme debet dan kredit yang menarik, efisien, dan efektif ini dapat dimanfaatkan oleh siswa kelas X Ak sebagai bahan ajar dalam mempelajari akuntansi dan dapat dikembangkan pula pada kompetensi dasar lainnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModul Akuntansien_US
dc.titlePengembangan Modul Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Mekanisme Debet dan Kredit untuk Siswa Kelas X Ak Semester Ganjil SMK negeri 1 Jember;en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Vityatun Hasanah - 090210301040.pdf5.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools