Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66006
Title: PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DISERTAI MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SMPN 11 JEMBER
Authors: Sudarti
Mahardika, I Ketut
Rakhmadani, Putri Alifatul
Keywords: Discovery Learning
Issue Date: 3-Dec-2015
Abstract: Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPA di SMPN 11 Jember, menyatakan bahwa kemandirian belajar siswa masih tergolong rendah. Disetiap kelas hanya 5% siswa yang mau berpendapat, 32% siswa yang mau mencatat hal-hal penting, 27% siswa yang ulet dan tekun dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru, sedangkan siswa lain lebih memilih melihat jawaban dari teman. Lemahnya kemandirian belajar siswa ini menyebabkan pembelajaran di sekolah menjadi kurang optimal sehingga hasil belajar yang dicapai siswa rendah. Hal ini ditunjukkan dengan 76% siswa memperoleh nilai ulangan di bawah KKM 70. Faktor utama penyebab lemahnya kemandirian belajar dan rendahnya hasil belajar siswa yaitu pembelajaran IPA di sekolah masih menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran berpusat pada guru. Selama pembelajaran siswa hanya mendengar penjelasan dari guru, melihat demonstrasi yang dilakukan guru dan kemudian menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan demikian siswa cenderung pasif dan merasa bosan. Penggunaan metode ceramah dalam proses pembelajaran kurang mengembangkan kemandirian belajar siswa karena siswa cenderung menunggu penjelasan dan pengarahan dari guru. Sebagai alternatif solusi perlu dilakukan penelitian mengenai model discovery learning disertai media audiovisual. viii Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model discovery learning terhadap kemandirian belajar IPA siswa di SMP dan mengkaji pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang dilaksanakan di SMPN 11 Jember. Sebelum menentukan sampel, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi kelas VII sebanyak 6 kelas dan diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling dengan desain penelitian post-test control design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, angket, tes, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data berasal dari penilaian oleh peneliti, penilaian observer, angket dan posttest. Sebelum melakukan uji t, dilakukan uji normalitas terlebih dahulu. Selanjutnya dilakukan uji t untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan analisis Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah. Kemandirian belajar siswa terdiri dari enam indikator, indikator ulet dan tekun untuk mewujudkkan tujuan menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sedangkan kelima indikator yang lain menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. secara keseluruhan rata-rata skor kemandirian belajara siswa digunakan sebagai data untuk melakukan uji hipotesis 1. Hasil analisis Independent Sample T-Test untuk menguji hipotesis penelitian 1 (kemandirian belajar siswa) menunjukkan nilai p (sig.) yang diperoleh sebesar 0,000, hasil ini lebih kecil dari α yaitu 0,05. Selanjutnya hasil analisis Independent Sample T-Test untuk menguji hipotesis penelitian 2 (hasil belajar) menunjukkan nilai p (sig.) yang diperoleh sebesar 0,000, hasil ini lebih kecil dari α yaitu 0,05. Berdasarkan analisis data, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh model discovery learning disertai media audiovisual terhadap kemandirian belajar IPA siswa di SMP; dan (2) Ada pengaruh model discovery learning disertai media audiovisual terhadap hasil belajar IPA siswa di SMP.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66006
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
100210102062_Putri Alifatul Rakhmadani.pdf8.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools