Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65937
Title: Pengaruh Customer Intimacy Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Jember,
Authors: Widodo, Djoko
Kartini, Titin
Anggriawan, Feri
Keywords: Customer Intimacy
Issue Date: 2-Dec-2015
Abstract: Pada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi loyalitas nasabah di suatu perbankan, diantaranya yaitu Customer Intimacy yang dilakukan oleh pihak perbankan tersebut. Customer Intimacy merupakan strategi yang digunakan BRI Syariah cabang Jember untuk menarik dan menjaga hubungan dalam jangka panjang agar nasabah tetap loyal dan percaya terhadap BRI Syariah. Strategi Customer Intimacy yang dilakukan BRI Syariah dengan cara mendekatkan diri kepada semua nasabah dengan pelayanan yang baik dengan menawarkan produk serba gratis yang dimiliki BRI Syariah, sehingga dapat membuat nasabah memiliki loyalitas pada BRI Syariah Cabang Jember tersebut. Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan berapa besar pengaruh signifikan Customer Intimacy terhadap loyalitas nasabah BRI syariah cabang Jember. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga ada pengaruh yang signifikan Costumer Intimacy terhadap loyalitas nasabah BRI Syariah cabang Jember. Penelitian ini merupakan penelitian Korelasi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di BRI Syariah Cabang Jember. Untuk menentukan responden penelitian menggunakan metode simple random sampling yaitu sebanyak 97 responden yaitu nasabah BRI Syariah iB yang aktif dan hanya memiliki tabungan BRI Syariah iB di cabang Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang akan digunakan yaitu analisis inferensial (yang terdiri: analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan efektifitas garis regresi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Costumer Intimacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah BRI Syariah cabang Jember. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F yaitu Fhitung = 371,409 > Ftabel = 3,941 dengan tingkat signifikan F = 0,000 < α = 0,05. dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 79,6%. sedangkan sisanya yaitu 20,4% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti yaitu variabel produk, promosi, komitmen dan sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Customer Intimacy yang dilakukan pada BRI Syariah Cabang Jember lebih menekankan adanya komunikasi yang baik antara pihak bank dengan nasabah, perhatian yang diberikan pihak bank kepada nasabah, dan menekankan adanya hubungan relasi yang baik antara pihak BRI Syariah Cabang Jember dengan nasabah. Adanya hal tersebut yang menyebabkan banyak nasabah yang memiliki rasa loyalitas dan selalu setia untuk menjadi nasabah di BRI Syariah Cabang Jember.. Adapun saran yang dapat diberikan bagi pihak BRI Syariah cabang Jember harus mempertahankan strategi yang sudah ada dan juga menambahkan strategi yang baru yang lebih kreatif dan inovatif. Sedangkan kepada karyawan bank agar tetap meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan terutama Customer service dan Teller yang harus diberi pelatihan kembali agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan lebih baik lagi. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian sejenis dengan memasukkan variabel-variebel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65937
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Feri Anggriawan - 100210301017.pdf1.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools