Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65891
Title: ANALISIS PEMASARAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI KUBIS DI DESA SUMBERJO KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBER
Authors: Hartadi, Rudi
Ridjal, Julian Adam
Ratnasari, Mega
Keywords: PEMASARAN
KUBIS
JEMBER
Issue Date: 2-Dec-2015
Abstract: Desa Sumberjo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember merupakan desa penghasil kubis tertinggi di Kabupaten Jember. Desa Sumberjo memiliki hasil produksi yang sangat baik sehingga diminati oleh banyak konsumen. Penelitian mengenai pemasaran kubis dan strategi pengembangan usahatani kubis di Desa Sumberjo perlu dilakukan, mengingat tanaman kubis merupakan tanaman sayuran yang apabila tidak segera dipasarkan akan mudah rusak, dan tanaman kubis sendiri memiliki prospek yang menguntungkan sehingga perlu adanya strategi pengembangan. Harga jual kubis ditentukan oleh pedagang dan petani hanya sebagai penerima harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) saluran-saluran pemasaran kubis yang berada di Desa Sumberjo; (2) mengetahui efisiensi saluran pemasaran kubis di Desa Sumberjo; (3) mengetahui strategi pengembangan usahatani kubis di Desa Sumberjo. Untuk menentukan daerah peneilitian menggunakan Purposive method. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan analitik. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode Porposive Sampling, Proporsionate Random Sampling dan Snowball Sampling. Porposive Sampling digunakan untuk pengambilan sempel kelompok tani yaitu lima kelompok tani, dan Proporsionate Random Sampling digunakan untuk menentukan jumlah responden. Snowball Sampling digunakan untuk menentukan lembaga pemasaran Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis Margin Pemasaran dan Anlisis SWOT. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) saluran pemasaran kubis di Desa Sumberjo terdapat tiga macam saluran pemasaran, yaitu saluran pemasaran satu tingkat (Petani → Tengkulak → Konsumen), saluran pemasaran dua tingkat (Petani → Tengkulak → Pengecer → Konsumen), dan saluran pemasaran tiga tingkat (Petani → Tengkulak → Pedagang Besar → Pengecer → Konsumen); (2) Saluran pemasaran yang paling efisien yaitu saluran pemasaran satu tingkat; (3) Strategi yang perlu dilakukan yaitu penggunaan lahan secara optimal, menjaga dan meningkatkan kualitas produk, memperbesar skala skala produksi, menekan adanya biaya produksi seminimal mungkin, meningkatkan informasi pasar, penggunaan bibit unggul, menjaga tanaman secara intensif agar terhindar dari serangan opt, memperkuat posisi tawar, perlu adanya pembinaan untuk memaksimalkan produksi kubis, menyediakan lembaga infomasi pasar, menyediakan lembaga keuangan atau koprasi
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65891
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mega Ratnasari - 101510601100.pdf1.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools