Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65814
Title: PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Authors: Subiki
Wahyuni, Sri
Fatimatuzzahro
Keywords: Cooperative Learning
Issue Date: 2-Dec-2015
Abstract: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu salah satu bidang ilmu yang diperoleh dengan menggunakan langkah-langkah ilmiah dalam prosesnya untuk mempelajari tentang gejala-gejala alam. Seiring dengan berkembangnya kurikulum, dari kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 pembelajaran di sekolah lebih menekankan pemusatan pada siswa. Pada kenyataan di sekolah pembelajaran IPA masih terdapat guru yang menggunakan model biasa digunakan seperti direct instruction yaitu masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran IPA menurut Sund & Trowbridge (dalam Widhy H, 2013) menyesuaikan dengan Kurikulum 2013 tidak hanya menekuni konsep-konsep IPA, tetapi juga mengajak siswa untuk lebih aplikatif dalam pengembangan ilmunya yakni mampu mengembangkan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan sikap peduli dan tanggung jawab terhadap lingkungan alam dan sosial. Oleh karena itu, dibutuhkan variasi. Salah satu variasi model yang dapat digunakan adalah penerapan model cooperative learning dengan teknik make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning dengan teknik make a match dan mengkaji perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning dengan teknik make a match pada pembelajaran IPA di SMP.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65814
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
100210102116_Fatimatuzzahro.pdf7.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools