Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65712
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorPrihatin, Jekti-
dc.contributor.advisorFikri, Kamalia-
dc.contributor.authorPARIRIS, ANUGRAH AJI-
dc.date.accessioned2015-12-02T03:26:03Z-
dc.date.available2015-12-02T03:26:03Z-
dc.date.issued2015-12-02-
dc.identifier.nim110210103044-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65712-
dc.description.abstractMutu pendidikan Indonesia berdasarkan data hasil Programme for International Student Assessment 2012, menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan peringkat terendah dalam pencapaian mutu pendidikan. Guru memegang peranan penting dalam proses maupun sistem pembelajaran. Hal tersebut membuat guru hampir selalu menerapkan metode pembelajaran ceramah yang membosankan dan menyebabkan siswa kurang memberikan perhatiannya. Pemberian LKS blank note yang harus diisi siswa saat guru menyampaikan informasi berupa ceramah di depan kelas seperti pada model pembelajaran kooperatif Guide Note Taking (GNT). Siswa membutuhkan aktivitas belajar lainya seperti metode eksperimen yang merangsang siswa untuk melakukan suatu aktivitas aktif berdasarkan pengalaman yang ia alami sendiri sehingga siswa memperoleh pengalaman atau informasi yang sangat melekat pada alam bawah sadarnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Guide Note Taking disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa; 2) Mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif Guide Note Taking disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar afektif dan psikomotorik biologi siswa pada pokok bahasan sistem ekskresi di SMP Negeri 10 Jember. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai inovasi pembelajaran yang tepat pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sejumlah 296 anak di SMP Negeri 10 Jember tahun ix pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah dua kelas yang ditentukan melalui uji homogenitas nilai ulangan harian (UH) pada BAB 5 sistem pencernaan. Desain penelitian ini adalah pretest and posttest design. Penilaian kognitif siswa melalui pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji ANAKOVA. Observasi selama pembelajaran berlansung untuk menilai hasil belajar afektif dan psikomotor siswa menggunakan analisis uji t-test. Penelitian menerapkan dua kegiatan pembelajaran, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif Guide Note Taking disertai metode eksperimen sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran kooperatif Guide Note Taking disertai metode eksperimen dibandingkan pembelajaran konvensional berpengaruh secara sangat signifikan (p=0,00) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Jember sebesar 41,76 atau sebesar 53,48%. Rerata nilai kelas kontrol sebesar 70,32±6,06 dan kelas eksperimen sebesar 78,08±7,62 dari skala 100; 2) Pembelajaran kooperatif Guide Note Taking disertai metode eksperimen dibandingkan pembelajaran konvensional berbeda secara signifikan (p=0,00) terhadap hasil belajar afektif sebesar 24%. Rerata kelas kontrol sebesar 2,88±0,13 dan kelas eksperimen sebesar 3,12±0,14; 3) Pembelajaran kooperatif Guide Note Taking disertai metode eksperimen dibandingkan pembelajaran konvensional berbeda secara signifikan (p=0,00) terhadap hasil belajar psikomotor sebesar 40%. Rerata kelas kontrol sebesar 2,83±0,15 dan kelas eksperimen sebesar 3,24±0,16 dari skala 4. Kesimpulan penelitian ini adalah Pembelajaran kooperatif Guide Note Taking disertai metode eksperimen berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor. Saran yang diberikan adalah pembelajaran dengan model kooperatif Guide Note Taking harus pintar-pintar dalam menyusun LKS yang akan dibagikan kepada siswanya. Selain itu, Guide Note Taking merupakan pembelajaran yang memanfaatkan catatan terbimbing, sehingga ceramah materi yang diberikan hendaknya disesuaikan dengan catatan terbimbing yang diberikan oleh guru.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectGUIDE NOTE TAKINGen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GUIDE NOTE TAKING (GNT) DISERTAI METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMPN 10 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
110210103044_ANUGRAH AJI PARIRIS.pdf5.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools