Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65649
Title: PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PENILAIAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 1 GAMBIRAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Authors: Umamah, Nurul
Marjono
Hidayah, Erly Nurul
Keywords: Pembelajaran berbasis Proyek
Issue Date: 2-Dec-2015
Abstract: Paradigma baru dalam pembelajaran dan penilaian kurikulum 2013 sejalan dengan tujuan pembelajaran sejarah. Tujuan pembelajaran sejarah mengharapkan peserta didik mampu mengembangkan kreativitasnya. Penilaian hasil belajar dalam paradigma baru ditujukan untuk mengukur tingkat kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Faktanya saat pembelajaran sejarah berlangsung pendidik kurang memfasilitasi tumbuhnya kreativitas peserta didik sehingga peserta didik cenderung pasif dan kurang kreatif. Produktivitas yang dimiliki peserta didik cukup rendah, terlihat dari tugas-tugas yang diberikan oleh pendidik kurang berhasil baik. Rendahnya kreativitas dan produktivitas peserta didik juga disebabkan teknik penilaian yang dilakukan pendidik fokus pada aspek kognitif. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan merubah metode pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis proyek dan teknik penilaian produk. Metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas peserta didik karena melibatkan peserta didik dalam mengerjakan proyek untuk memecahkan masalah yang diwujudkan dalam bentuj produk. Produk yang dihasilkan dapat dinilai dengan teknik penilaian produk. Penilaian produk merupakan penilaian terhadap keterampilan peserta didik dalam membuat produk dan kualitas produk Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan penilaian produk dapat meningkatkan kreativitas belajar sejarah peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran tahun ajaran 2014/2015; (2) apakah penerapan metode pembelajaran berbasis proyek ix dengan penilaian produk dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran tahun ajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kreativitas belajar sejarah peserta didik kelas X MIA 4 di SMA Negeri 1 Gambiran dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek dengan penilaian produk; (2) untuk meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X MIA 4 di SMA Negeri 1 Gambiran dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek dengan penilaian produk. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif pemecahan masalah pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran yang berjumlah 37. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan hasil belajar psikomotorik peserta didik. Pada siklus I kreativitas peserta didik memperoleh persentase 59,86%, pada siklus II meningkat sebesar 9,05% dan pada siklus III meningkat 9,60%. Hasil belajar psikomotorik peserta didik diukur dengan penilaian produk. Pada siklus I memperoleh persentase 57,70%, pada siklus II meningkat 10,13%, pada siklus III meningkat sebesar 9,87%. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan penilaian produk dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran tahun ajaran 2014/2015; (2) penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan penilaian produk dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran tahun ajaran 2014/2015. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek dan penilaian produk sebagai salah satu metode pembelajaran dan penilaian yang digunakan dalam pembelajaran sejarah di sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65649
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
110210302048_Erly Nurul Hidayah.pdf4.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools