Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65639
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNaim, Moh.-
dc.contributor.advisorSoepeno, Bambang-
dc.contributor.authorPriyanti-
dc.date.accessioned2015-12-02T01:10:42Z-
dc.date.available2015-12-02T01:10:42Z-
dc.date.issued2015-12-02-
dc.identifier.nim110210302006-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65639-
dc.description.abstractParadigma pembelajaran dan penilaian kurikulum 2013 sejalan dengan tujuan pembelajaran sejarah. Pendidik diharapkan dapat membelajarkan sejarah dengan membuat kaitan antara materi yang diajarkan dengan kehidupan nyata. Penggunaan metode pembelajaran yang tradisional menyebabkan pembelajaran sejarah terkesan membosankan dan kurang bermakna, sehingga kemampuan berpikir kritis peserta didik kurang dan hasil belajar sejarah rendah. Kegiatan pembelajaran dengan metode pembelajaran discovery merangsang peserta didik untuk mengdentifikasi masalah, mengumpulkan data, mengolah data, menemukan solusi dan membutikan data, serta menarik kesimpulan dari data yang sudah diperoleh. Penerapan metode pembelajaran discovery ini didukung dengan penggunaan authentic assessment sebagai alat ukur dalam penilaian dikelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan metode pembelajaran discovery berbasis authentic assessment dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X PMT 2 di SMK Negeri 5 Jember tahun ajaran 2014/2015; (2) apakah penerapan metode pembelajaran discovery berbasis authentic assessment dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X PMT 2 di SMK Negeri 5 Jember tahun ajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran discovery berbasis authentic assessment di kelas X PMT 2 SMK Negeri 5 Jember tahun ajaran 2014/2015; (2) untuk meningkatkan hasil ix belajar peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran discovery berbasis authentic assessment di kelas X PMT 2 SMK Negeri 5 Jember tahun ajaran 2014/2015. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X PMT 2 SMK Negeri 5 Jember, dengan jumlah 36 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, studi documenter, dan tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah peserta didik mengalami peningkatan. Pada siklus 1 kemampuan berpikir kritis peserta didik memperoleh persentase 63,20%, sedangkan pada siklus 2 memperoleh persentase 69,98% dan pada siklus 3 memperoleh persentase 77,93%. Hasil belajar sejarah peserta didik diukur sebagai aspek kognitif, psikomotor, dan afektif. Aspek kognitif pada siklus 1 memperoleh persentase 68,97%, pada siklus 2 memperoleh persentase 74,06%, dan pada siklus 3 memperoleh persentase 79,0%. Aspek psikomotor peserta didik dalam penilaian kinerja yang dihasilkan peserta didik pada siklus 1 sebesar 66,60%, pada siklus 2 sebesar 72,90%, dan pada siklus 3 sebesar 79,63%. Hasil belajar peserta didik pada aspek psikomotor dalam penilaian produk yang dihasilkan peserta didik pada siklus 1 sebesar 63,60%, pada siklus 2 sebesar 70,80%, dan pada siklus 3 sebesar 79,03%. Hasil belajar peserta didik pada aspek afektif peserta didik pada siklus 1 sebesar 70,28%, pada siklus 2 sebesar 78,33%, dan pada siklus 3 sebesar 85,56%. Kesimpulan hasil penelitian: (1) penerapan metode pembelajaran discovery berbasis authentic assessment dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X PMT 2 di SMK Negeri 5 Jember tahun ajaran 2014/2015; (2) penerapan metode pembelajaran discovery berbasis authentic assessment dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X PMT 2 di SMK Negeri 5 Jember tahun ajaran 2014/2015.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPembelajaran Discoveryen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X PMT 2 SMK NEGERI 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
110210302006_Priyanti.pdf8.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools