Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65577
Title: | ANALISIS PERBEDAAN JALUR MASUK KULIAH TERHADAP INDEKS PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA KEPERAWATAN TAHUN ANGKATAN 2012-2014 PROGRAM STUDI |
Authors: | Wijaya, Ns. Dodi Dewi, Erti Ikhtiarini Novianti, Endah |
Keywords: | INDEKS PRESTASI AKADEMIK |
Issue Date: | 1-Dec-2015 |
Abstract: | Analisis Perbedaan Jalur Masuk Kuliah Terhadap Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa Keperawatan Tahun Angkatan 2012-2014 Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember; Endah Novianti, 112310101002; 2015, 188 halaman, Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember Pendidikan keperawatan memegang peranan penting dalam mewujudkan pelayanan keperawatan yang berkualitas. Pelayanan keperawatan yang berkualitas perlu didukung oleh sumber daya perawat yang dihasilkan dari institusi pendidikan yang berkualitas sesuai standar yang ditetapkan. Pengawasan dapat dilakukan dengan memantau prestasi belajar selama proses pembelajaran mahasiswa keperawatan yaitu melalui indeks prestasi akademik yang dicapai. Capaian indeks prestasi akademik merupakan salah satu evaluasi yang dilakukan di perguruan tinggi. Evaluasi yang dilakukan dapat mempengaruhi akreditasi dari fakultas atau program studi setara fakultas. Evaluasi prestasi belajar yang didapat tersebut juga akan mempengaruhi citra dan peringkat dari universitas karena ukuran mutu sebuah perguruan tinggi adalah kemampuan akademik mahasiswanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan jalur masuk kuliah terhadap indeks prestasi akademik mahasiswa keperawatan tahun angkatan 2012-2014 di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian deskriptif analitik observasional dengan metode pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh (total sampling) dengan sampel sebanyak 260 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, sehingga data yang diperoleh adalah data sekunder. Hasil analisis jalur masuk kuliah terhadap indeks prestasi akademik mahasiswa keperawatan pada angkatan 2012 didapatkan data rata-rata IP sebesar xi 2,82 dan hasil uji statistik menunjukkan nilai p = 0,000 (p < α=0,05) yang berarti terdapat perbedaan jalur masuk kuliah dengan indeks prestasi akademik mahasiswa keperawatan. Uji Mann-Whitney diperoleh hasil yaitu kelompok SNMPTN dan SBMPTN dengan p = 0,076, kelompok SNMPTN dan UM dengan p = 0,010 serta SBMPTN dengan UM dengan p = 0,000. Berdasarkan hasil uji ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kelompok yang mempunyai perbedaan adalah antara kelompok SBMPTN dan UM, SNMPTN dan UM sedangkan SNMPTN dan SBMPTN tidak terdapat perbedaan jalur masuk kuliah mahasiswa keperawatan. Hasil analisis jalur masuk kuliah terhadap indeks prestasi akademik mahasiswa keperawatan pada angkatan 2013 didapatkan data rata-rata IP sebesar 2,58 dan hasil uji statistik menunjukkan nilai p = 0,990 (p > α=0,05) yang berarti tidak ada perbedaan jalur masuk kuliah terhadap indeks prestasi akademik mahasiswa keperawatan. Hasil analisis jalur masuk kuliah terhadap indeks prestasi akademik mahasiswa keperawatan pada angkatan 2014 didapatkan data rata-rata IP sebesar 2,66 dan hasil uji statistik menunjukkan nilai p = 0,691 (p > α=0,05) yang berarti tidak ada perbedaan jalur masuk kuliah terhadap indeks prestasi akademik mahasiswa keperawatan. Hasil analisis jalur masuk kuliah terhadap indeks prestasi akademik mahasiswa keperawatan pada angkatan 2012-2014 didapatkan data rata-rata IP sebesar 2,69 dan hasil uji statistik menunjukkan nilai p = 0,007 (p < α=0,05) yang berarti terdapat perbedaan jalur masuk kuliah terhadap indeks prestasi akademik mahasiswa keperawatan. Hasil uji Mann-Whitney diperoleh hasil yaitu kelompok SNMPTN dan SBMPTN dengan p = 0,072, kelompok SNMPTN dan UM dengan p = 0,060 serta SBMPTN dengan UM dengan p = 0,004 dan dari hasil uji ini terlihat kelompok yang mempunyai perbedaan adalah antara kelompok SBMPTN dan UM sedangkan antara SNMPTN dan UM serta SNMPTN dan SBMPTN tidak terdapat perbedaan jalur masuk kuliah mahasiswa keperawatan. Prestasi belajar yang diperoleh mahasiswa tidaklah sama antara mahasiswa yang satu dan lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor internal antara lain jenis kelamin, intelegensi, makanan, minat, motif, bakat, xii kematangan, kesiapan, persepsi, konsentrasi, ingatan, dan faktor eksternal seperti persaingan, keadaan alami (suhu dan kelembaban udara), faktor keluarga, masyarakat, sekolah. Agar prestasi belajar mahasiswa dapat optimal, mahasiswa harus dapat mengendalikan faktor-faktor tersebut. Mahasiswa yang diterima melalui jalur masuk SBMPTN dan UM adalah mahasiswa yang diterima melalui jalur tes tulis, hanya saja untuk jalur SBMPTN diterima melalui tes nasional sedangkan jalur UM diterima berdasar jalur tes mandiri Universitas Jember (lokal). Jalur SNMPTN digunakan untuk menjaring calon mahasiswa yang memilih program S1 melalui prestasi akademik, prestasi lainnya dan nilai ujian nasional. Jalur SBMPTN dilaksanakan untuk menjaring calon mahasiswa baru yang berkualitas secara akademis dengan ketentuan umum adalah lulus ujian satuan pendidikan dan ujian nasional. Jalur UM adalah penerimaan mahasiswa baru Universitas Jember melalui ujian tulis. Mahasiswa yang diterima melalui jalur UM memiliki rata-rata indeks prestasi akademik paling rendah jika dibandingkan mahasiswa dengan jalur lain, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa input mahasiswa jalur UM lebih rendah dibandingkan mahasiswa yang diterima melalui jalur lain. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan jalur masuk kuliah terhadap indeks prestasi akademik mahasiswa keperawatan tahun angkatan 2012- 2014 Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi Universitas Jember dan institusi pendidikan dalam mengambil suatu kebijakan dalam menerima mahasiswa baru, hendaknya memprioritaskan dan menambah kuota penerimaan mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN. Penelitian ini juga sebagai bahan evaluasi terkait indeks prestasi akademik dilihat dari sudut pandang jalur masuk kuliah. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65577 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Nursing |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
102310101066.pdf | 6.51 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools