Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/6556
Title: PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MASALAH – MASALAH SOSIAL SISWA KELAS IV SDN ANTIROGO 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Authors: ACHMAD FAJAR
Keywords: HASIL BELAJAR
Issue Date: 9-Dec-2013
Series/Report no.: NIM 100210274005;
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SDN Antirogo 04 kelas IV yang terdiri dari 32 siswa, laki-laki 19 siswa dan perempuan 13 siswa. penelitian ini termasuk jenis penelitian Action Research (penelitian tindakan). Desain atau rancangan penelitian berupa perbaikan proses dalam pembelajaran IPS Pada konteks ini yang harus diperhatikan adalah input, proses, dan output. Jika dalam proses pembelajaran IPS terjadi ketidak sesuaian dengan tujuan pendidikan atau kurikulum, maka proses tersebut harus segera diperbaiki guna keberhasilan penguasaan konsep. Pengambilan data dimulai dilakukan pada tanggal 08 s/d 12 Maret 2012 dan siklus II tanggal 08 s/d 12 April 2012dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Antirogo 04 kecamatan sumbersari kabupaten Jember. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran IPS dengan metode bermain peran adalah : dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada pra siklus nilai rata-rata siswa hanya 5,93 menjadi 71,5 pada akhir siklus2 dan prosentase ketuntasan belajar siswa dari 59,3% menjadi 96,8% sampai akhir siklus 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap masalahmasalah sosial yang ada di lingkungan tempat tinggalnya dan sekitarnya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6556
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ACHMAD FAJAR RI - 100210274005.pdf2.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools