Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65453
Title: Pandangan Dunia Pengarang dalam Novel “Pulang” Karya Leila S. Chudori
Authors: Widayati, Endang Sri
Husniah, Furoidatul
Rostanawa, Gaby
Keywords: Pengarang
Issue Date: 1-Dec-2015
Abstract: Pandangan dunia pengarang merupakan keseluruhan gagasan, aspirasi, dan perasaan pengarang terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi. Leila S. Chudori sebagai sosok pengarang, dalam hal ini menyuarakan pandangan dunianya terhadap fenomena historis G-30- S/PKI di Indonesia. Pemilihan novel Pulang karya Leila S. Chudori sebagai objek penelitian dikarenakan beberapa hal. Pertama, tokoh-tokoh dalam novel Pulang mewakili tokoh pemuda Indonesia yang mengalami peristiwa G-30-S/PKI. Kedua, novel Pulang karya Leila S. Chudori sekarang gencar dibicarakan disosial media. Ketiga, novel ini berlatar belakang peristiwa bersejarah di Indonesia yakni peristiwa G-30-S/PKI, oleh karena itu sangat relevan jika diteliti dengan teori strukturalisme genetik khususnya pandangan dunia pengarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah struktur teks novel Pulang karya Leila S. Chudori? (2)Bagaimana pandangan dunia pengarang yang terefleksi dalam novel Pulang karya Leila S. Chudori? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data pada penelitian ini berupa kata-kata, kalimat-kalimat, dan paragraf-paragraf yang mengindikasikan struktur teks dan pandangan dunia pengarang pada sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Instrument pengumpul data adalah peneliti digunakan pula instrument pembantu analisi data, yang berupa tabel pemandu analisis data. Prosedur analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, interpretasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian mencakup tiga pokok pembahasan. (1) struktur teks novel Pulang karya Leila S. Chudori meliputi tokoh dan tema. Tokoh tersebut diantaranya adalah Dimas, Nugroho, Risjaf, Tjahjadi, Hananto, Lintang, Bimo, Alam, Kenanga, dan Aji. Tokoh tersebut memiliki problematika antartokoh dengan tokoh, dan tokoh dengan lingkungan: a) Tokoh Dimas dan ketiga sahabatnya (Tokoh Nugroho, Tokoh Risjaf, dan Tokoh Tjahjadi) mengalami kegelisahan atas terjadinya peristiwa G-30-S/PKI. Mereka pun tidak dapat pulang ke Indonesia karena dinilai viii kiri (komunis). b) Tokoh Hananto dan Tokoh Sumarno, mengalami siksaan dari anggota sipil karena dianggap komunis. c) Tokoh Aji dan Tokoh Kenanga, setiap hari diinterogasi dan disiksa oleh anggota sipil karena dianggap sebagai kerabat dari simpatisan PKI yang membahayakan stabilitas negara. d) Tokoh Lintang, Tokoh Alam, dan Tokoh Bimo, melakukan pemberontakan atas bentuk kepemerintahan orde baru dengan cara demonstrasi bersama para mahasiswa. Tema dalam novel Pulang adalah Pulang. (2) Kehidupan sosial Leila seperti lingkungan keluarga, riwayat pendidikan, serta kegiatan sehari-hari sangat berpengaruh dalam penciptaan novel Pulang. (3) pandangan dunia Leila terhadap permasalahan-permasalahan G-30-S/PKI di Indonesia adalah diperlukan daya, sikap optimis, dan semangat nasionalis untuk keluar dari sistem yang tidak berpihak baik pada rakyat, serta jangan pernah menyia-nyiakan kaum cerdas dari negeri sendiri yang siap untuk melakukan perubahan negeri menjadi lebih baik. Kesimpulan penelitian adalah (1) problematika yang terjadi antartokoh dengan tokoh maupun tokoh dengan lingkungannya merupakan problematika peristiwa bersejarah yang dialami para pemuda Indonesia pada peristiwa G-30-S/PKI. Tema dalam novel Pulang adalah Pulang. (2) pandangan dunia pengarang yang terdapat dalam novel Pulang antaralain, diperlukan daya, sikap optimis, dan semangat nasionalis untuk keluar dari sistem yang tidak berpihak baik pada rakyat, serta jangan pernah menyia-nyiakan kaum cerdas dari negeri sendiri. Saran yang dapat diberikan (1) Kepada para pembaca, disarankan agar tidak sekedar membaca dan mengetahui isi sebuah novel. Namun, dapat menela’ah dan memanfaatkan pesan serta nilai-nilai moral yang terkandung dalam novel khususnya novel Pulang karya Leila S Chudori untuk menentukan sikap atau menyikapi permasalahan yang dihadapi. (2) Kepada para pembaca, khususnya kaum pelajar seperti siswa dan mahasiswa disarankan untuk tetap semangat menimba ilmu dan memerangi segala bentuk pembodohan, agar Indonesia kelak menjadi negara yang sangat maju. (3) Untuk pengembangan penelitian selanjutnya, disarankan agar peneliti berikutnya dapat menemukan topik-topik permasalahan yang lain dengan teori yang berbeda dari novel Pulang ataupun novel lain. (4) Untuk kemudahan penelitian selanjutnya, disarankan untuk memahami karya sastra yang akan diteliti terlebih dahulu. Temukan topik permasalahan yang menarik untuk diteliti, kemudian tentukan teorinya. Apabila diperlukan sinkronisasi antara data teks dan data wawancara, hendaknya menganalisis data teks terlebih dahulu dan menentukan pokok-pokok wawancara kemudian lakukan wawancara.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65453
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Gaby R - 090210402023.pdf2.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools