Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65354
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuyadi, Bambang-
dc.contributor.advisorUmar HMS-
dc.contributor.authorARINI, DIAN INDAH-
dc.date.accessioned2015-12-01T03:42:00Z-
dc.date.available2015-12-01T03:42:00Z-
dc.date.issued2015-12-01-
dc.identifier.nimNIM 110210301018-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65354-
dc.description.abstractSetiap perusahaan memiliki tujuan untuk meningkatkan keuntungan atas penjualan produknya baik pada perusahaan berskala besar maupun kecil. Perusahaan tentunya harus memiliki strategi yang tepat untuk menjalankan kegiatan usahanya agar mampu mengembangkan bisnisnya. Strategi yang dipilih harus disesuaikan dengan keadaan perusahaan salah satunya adalah industri Rumah Batik Rolla yang menginginkan perkembangan volume penjualan setiap tahunnya. Strategi yang dipilih oleh Rumah Batik Rolla ini dengan menggunakan bauran promosi yang terdiri dari periklanan dan promosi penjualan. Periklanan yang digunakan meliputi brosur, kartu nama, radio dan media web atau blog dengan tujuan untuk mempromosikan produk batik pada kalangan masyarakat. Sedangkan promosi penjualan melalui bazaar, pameran, display barang dan potongan penjualan. Penggunaan bauran promosi ini ditujukan untuk meningkatkan volume penjualan produk batik, karena sebelumnya volume penjualan yang dihasilkan masih sedikit. Dengan menggunakan bauran promosi tersebut mampu meningkatkan volume penjualan. Akan tetapi peningkatan tersebut tidak terjadi secara terus menerus, adakalanya mengalami kenaikan maupun penurunan setiap tahunnya. Kenaikan atau penurunan volume penjualan tersebut terjadi pada bulan-bulan tertentu pada setiap tahunnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan sebelum diterapkannya bauran promosi dan setelah diterapkan bauran promosi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive area viii yang dilaksanakan di Rumah Batik Rolla Jember yang akan meneliti tentang bauran promosi pada rumah batik rolla jember dalam meningkatkan volume penjualan. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode observasi, wawancara, dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis trend yang digunakan untuk mengetahui suatu peramalah dimasa mendatang sehingga bisa mengetahui fluktuasi volume penjualan. Dalam penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya perkembangan volume penjualan setelah diterapkannya bauran promosi selama 4 tahun mulai dari tahun 2011-2014. Tidak hanya mengalami kenaikan akan tetapi juga mengalami penurunan. Hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian bahwa kenaikan volume penjualan terjadi pada tahun 2011 dan 2013 semester II yaitu mencapai 80% dan penurunan volume penjualan Rumah Batik Rolla terjadi pada tahun 2012 semester I mencapai 11%. Kenaikan yang terjadi kebanyakan pada semester II karena bertepatan dengan datangnya hari raya dan tahun ajaran baru serta bertepatan dengan event yang diadakan oleh kota Jember setiap tahun nya. Oleh karena itu permintaan akan batik meningkat. Sedangkan pada semester I disebabkan masyarakat kurang berminat untuk membeli batik dan lebih memilih untuk menabung yang nantinya akan digunakan pada saat kebutuhan sekolah atau hari raya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPROMOSIen_US
dc.subjectBATIKen_US
dc.subjectPENJUALANen_US
dc.titleBAURAN PROMOSI PADA RUMAH BATIK ROLLA DI JEMBER DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALANen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
110210301018.pdf2.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools