Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65319
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMarijono-
dc.contributor.advisorIndrianti, Deditiani Tri-
dc.contributor.authorHasanah, Nur Lailatul-
dc.date.accessioned2015-12-01T03:13:06Z-
dc.date.available2015-12-01T03:13:06Z-
dc.date.issued2015-12-01-
dc.identifier.nim110210201006-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65319-
dc.description.abstractPendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani demi mempersiapkan anak dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pada tahap ini, seorang anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang luar biasa (the golden ages). Salah satunya adalah aspek perkembangan bahasa. Bahasa merupakan urutan kata-kata, bahasa juga dapat digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai tempat yang berbeda atau waktu yang berbeda. Oleh karena itu, diperlukan suatu proses pembelajaran yang menarik sehingga anak dapat tertarik dengan bahasa yang dipelajarinya. Proses pembelajaran dapat dilakukan oleh pendidik melalui penggunaan media pembelajaran, salah satunya media gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara media gambar dengan perkembangan bahasa anak usia dini di PAUD Merah Putih Jangkar Kabupaten Situbondo? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara media gambar dengan perkembangan bahasa anak usia dini di PAUD Merah Putih Jangkar Kabupaten Situbondo. Hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai refrensi teoritis bagi program pendidikan luar sekolah khususnya program pendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan metode purposive area. Sehingga tempat penelitiannya adalah PAUD Merah Putih Jangkar di Kabupaten Situbondo. Teknik penentuan subyek menggunakan populasi dengan subyek sebanyak 24 anak dengan usia 3-4 tahun PAUD Merah Putih Jangkar. Teknik ix pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan kepustakaaan. Analisis data menggunakan korelasi tata jenjang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa hubungan antara media gambar dengan perkembangan bahasa di PAUD Merah Putih sebesar 0,788 sebagai rhitung. Nilai ini lebih besar dari rtabel untuk N=24 responden dengan tingkat kepercayaan 95% sebesar 0.409, sehingga hasil yang diperoleh signifikan yaitu hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Sedangkan hasil hubungan tertinggi yang diperoleh dalam penelitian ini pada media gambar dengan perkembangan anak usia dini yaitu sebesar 0,734 yang terdapat pada sumber belajar dengan ujaran telegrafik, pada indikator sumber belajar dengan kalimat sederhana diperoleh hubungan cukup kuat sebesar 0,691. Pada indikator semantik dengan ujaran telegrafik diperoleh hubungan cukup tinggi sebesar 0,661. Sedangkan pada indikator semantik dengan kalimat sederhana diperoleh hubungan cukup tinggi sebesar 0,660. Adapun hasil dari penelitian, diperoleh rhitung sebesar 0,788. Nilai tersebut lebih besar dari r tabel yakni 0,409 untuk N=24 dengan taraf kepercayaan sebesar 95%, oleh karena itu hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah signifikan, dalam artian hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis kerja (Ha) diterima. Dengan demikian hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan media gambar dengan perkembangan bahasa anak usia dini pada usia 3-4 tahun di PAUD Merah Putih Jangkar. Sehingga, jika pendidik semakin meningkatkan penggunaan media gambar maka semakin membantu anak dalam mengembangkan bahasanya di PAUD Merah Putih Jangkar Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti untuk pendidik PAUD hendaknya pendidik berusaha untuk meningkatkan keterampilan dalam penggunaan media gambar saat pembelajaran. Sebab dengan mengeksplor penggunaan media gambar secara baik dapat memberikan pembelajaran yang dapat membantu dalam mengembangkan bahasa-bahasa anak usia dinien_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectBahasa Anaken_US
dc.titleHubungan Antara Media Gambar Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di PAUD Merah Putih Jangkar Situbondo Tahun 2015; Nur Lailatul Hasanahen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nur Lailatul Hasanah - 110210201006.pdf2.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools