Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65284
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Hendrawijaya, A. T. | - |
dc.contributor.advisor | Imsiyah, Niswatul | - |
dc.contributor.author | Budi, Bhakti Setyo | - |
dc.date.accessioned | 2015-12-01T02:50:39Z | - |
dc.date.available | 2015-12-01T02:50:39Z | - |
dc.date.issued | 2015-12-01 | - |
dc.identifier.nim | 100210201034 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65284 | - |
dc.description.abstract | Motivasi dalam kegiatan belajar terdapat dua macam, yaitu motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Dengan adanya motivasi belajar menunjukan warga belajar menyadari bahwa kegiatan belajar yang diikutinya bermanfaat bagi dirinya karena dapat memenuhi kebutuhan belajarnya. Motivasi belajar yang diterapkan dalam pembelajaran sedikit banyak juga mempengaruhi partisipasi warga belajar, baik dalam partisipasi tenaga maupun partisipasi pikiran. Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan motivasi belajar ekstrinsik saja, karena motivasi belajar ekstrinsik ini lebih sering diterapkan pada keaksaraan fungsional. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah yang diajukan adalah “Adakah hubungan antara motivasi belajar ekstrinsik dengan partisipasi warga belajar keaksaraan fungsional di Lingkungan Jambuan Kelurahan Antirogo Kabupaten Jember?”, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar ekstrinsik dengan partisipasi warga belajar keaksaraan fungsional di Lingkungan Jambuan Kelurahan Antirogo Kabupaten Jember. Manfaat menambah wawasasan pengetahuan dan pengalaman program PLS yaitu Keaksaraan fungsional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya korelasional, daerah atau tempat penelitian ditetapkan di Lingkungan Jambuan Kelurahan Antirogo Kabupaten Jember dengan menggunakan metode Purposive Area tujuannya yaitu untuk menetapkan lokasi yang dianggap relevan dengan tujuan penelitian. Waktu penelitian 4 bulan yaitu November 2014 s/d Februari 2015. Teknik penentuan responden dalam penelitian yaitu menggunakan teknik populasi, yaitu warga belajar KF sebanyak 13 orang. Sumber data yang digunakan adalah warga x belajar pada keaksaraan fungsional di Lingkungan Jambuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Metode pengolahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan Tata Jenjang yang dibantu dengan Statistical Package For Social Sciences (SPSS) versi 15. Berdasarkan hasil perhitungan deskripsi memperlihatkan bahwa dari 13 responden, terdapat hubungan yang berbeda pada setiap indikator dari motivasi belajar ekstrinsik dengan partisipasi warga belajar. Perolehan skor dari motivasi belajar ekstrinsik yang berindikator ganjaran dengan partisipasi warga belajar yang berindikator partisipasi tenaga sebesar 0.611 dan hubungan yang didapatkan tinggi. Sedangkan indikator ganjaran dengan indikator partisipasi pikiran memiliki skor yaitu sebesar 0.630 dengan hubungan yang didapatkan tinggi, kemudian indikator nilai dengan indikator partisipasi tenaga memiliki skor yaitu sebesar 0.702 dengan hubungan yang didapatkan tinggi, dan indikator nilai dengan indikator partisipasi pikiran memiliki skor yaitu sebesar 0.643 dengan hubungan yang didapatkan tinggi. Kemudian indikator ketiga dari motivasi belajar ekstrinsik yaitu kompetensi dengan partisipasi tenaga memiliki skor sebesar 0.406 dengan hubungan yang didapatkan cukup, kemudian indikator kompetensi dengan partisipasi pikiran memiliki skor yaitu sebesar 0.712 dengan hubungan yang didapatkan tinggi. Dari analisis data yang dilakukan memperoleh hasil prosentase yang menyebutkan bahwa terdapat hubungan yang tinggi terhadap partisipasi warga belajar pada keaksaraan fungsional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa motivasi belajar ekstrinsik ada hubungan yang kuat terhadap partisipasi warga belajar pada keaksaraan fungsional di Lingkungan Jambuan Kelurahan Antirogo Kabupaten Jember. Saran dari penelitian ini adalah Keaksaraan fungsional di Lingkungan Jambuan diharapkan lebih meningkatkan lagi dalam bersosialisasi kepada masyarakat sekitar untuk mengikuti keaksaraan fungsioal, supaya angka buta aksara di Kabupaten Jember berkurang. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Motivasi Belajar | en_US |
dc.title | “Hubungan Antara Motivasi Belajar Ekstrinsik Dengan Partisipasi Warga Belajar Keaksaran Fungsional Di Lingkungan Jambuan Kelurahan Antirogo Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Bhakti Setyo Budi-100210201034.pdf | 1.93 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools