Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65241
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Marijono | - |
dc.contributor.advisor | Indrianti, Deditiani Tri | - |
dc.contributor.author | Amelia;, Desy Risky | - |
dc.date.accessioned | 2015-12-01T02:08:36Z | - |
dc.date.available | 2015-12-01T02:08:36Z | - |
dc.date.issued | 2015-12-01 | - |
dc.identifier.nim | 110210201027 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65241 | - |
dc.description.abstract | Ketika usia 0-6 tahun, anak mengalami usia keemasan (the golden age) yang merupakan masa peletak dasar untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Terdapat enam aspek perkembangan anak usia dini yang terdiri dari moralkeagamaan, fisik-motorik, bahasa, kognitif, sosial-emosional, dan seni. Namun, peneliti fokus pada aspek perkembangan sosial emosional anak. Hal ini dikarenakan perkembangan sosial emosional anak usia dini, khususnya usia 3-4 tahun di PAUD Islam Mutiara Sunnah masih belum berkembang sesuai dengan indikator pencapaian tahap perkembangan anak yang terdapat dalam menu pembelajaran generik revisi 2009, yaitu bermain bersama dan mengikuti aktifitas. Salah satu cara untuk mangembangkan aspek sosial emosional pada anak usia dini adalah dengan menggunakan metode bercerita. Penggunaan metode bercerita dalam penelitian ini merujuk pada manfaat metode bercerita yang dikemukakan oleh Musfiroh (2008:78), yaitu untuk mengembangkan aspek sosial dan aspek emosi anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah berapa besar hubungan antara metode bercerita dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD Islam Mutiara sunnah Gresik tahun 2015?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara metode bercerita dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD Islam Mutiara sunnah Gresik tahun 2015. Adapun hasil dari penelitian ini, diharapkan dapat bermanfaat sebagai refrensi teoritis bagi program pendidikan luar sekolah khususnya program pendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan metode purposive area, sehingga tempat x yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah PAUD Islam Mutiara Sunnah Gresik. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan populasi, sehingga subyek penelitiannya adalah seluruh anak usia 3-4 tahun di PAUD Islam Mutiara Sunnah Gresik yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi tata jenjang. Dari hasil analisis, diketahui bahwa hubungan tertinggi antar-indikator terdapat pada indikator pertama variabel X dengan indikator pertama variabel Y, yaitu hubungan antara meningkatkan konsentrasi dengan bermain bersama, dengan besar hubungan 0,731 atau 73,1%. Sedangan hubungan terendah antar-indikator terdapat pada indikator pertama variabel X dengan indikator kedua variabel Y, yaitu meningkatkan konsentrasi dengan mengikuti aktivitas, dengan besar hubungan 0,685 atau 68,5%. Selanjtnya, hasil yang diperoleh dari analisis antara variabel X dengan variabel Y, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,749. Nilai tersebut lebih besar dari rtabel sebesar 0,648 (dengan N=10 dan taraf kepercayaan 95%), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara metode bercerita dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD Islam Mutiara Sunnah Gresik tahun 2015 (H0 ditolak). Hal ini dapat menjadi bukti bahwa kegiatan bercerita dapat mengembangkan aspek sosial emosional anak, tidak terlepas dari cerita dan pesan moral yang disampaikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan oleh peneliti untuk pendidik adalah hendaknya pendidik lebih memahami bagaimana meningkatkan aspek perkembangan sosial emosional anak usia dini. Hal ini dikarenakan kemampuan bersosialisasi sangat dibutuhkan anak untuk bergaul dengan masyarakat luas. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Emosional | en_US |
dc.title | Hubungan antara Metode Bercerita dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD Islam Mutiara Sunnah Gresik Tahun 2015 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Desy Risky Amelia - 110210201027.pdf | 6.22 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools