Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65167
Title: PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA MEBEL UD. JATI INDAH DI JEMBER
Authors: Wahyudi, Edy
Budihardjo, Agus
Ulum, Annisa Rofiul
Keywords: PEMASARAN
STRATEGI BAURAN
Issue Date: 30-Nov-2015
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran pada mebel UD. Jati Indah di Jember. Obyek dalam penelitian ini adalah mebel UD. Jati Indah. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik UD. Jati Indah dan beberapa konsumen serta pelanggan yang bersedia untuk dijadikan narasumber. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis domain dan analisis taksonomi. Analisis domain yaitu alat yang digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran obyek penelitian secara umum, sedangkan analisis taksonomi yaitu teknis yang terfokus pada domain-domain tertentu kemudian memilah domain tersebut menjadi sub-sub domain serta bagian-bagian yang lebih khusus dan terperinci. Hasil penelitian menerangkan bahwa strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh UD. Jati Indah meliputi strategi produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan distribusi (distribution). Dalam menghasilkan produk agar diterima oleh konsumen, UD. Jati Indah Kualitas produk mebel pada UD. Jati Indah berbeda dengan mebel-mebel yang lainnya karena menekankan pada mutu kualitas dan pengembangan produknya dari segi bentuk, jenis dan variasi ukirannya agar tetap menjadi ciri khas dari produk yang dihasilkan sehingga mampu menarik minat konsumen dan mempertahankan pelanggannya. Itulah yang membuat UD. Jati Indah masih dapat menjaga keberlangsungan hidup usahanya hingga saat ini. Hal ini terbukti dengan daerah pemasarannya yang tidak hanya di Jember saja namun sudah memasuki kota lain seperti Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Surabaya dan kotakota lainnya. Produk utama UD. Jati Idah yaitu perabotan internal rumah seperti lemari, kursi ruang tamu, meja makan, meja rias, dipan, dan bufet. Harga untuk setiap produk mebelnya di sesuaikan dengan dengan ukuran, model, bentuk atau desain dan tingkat kesulitan dalam proses. Harga jual dipertimbangkan sebaik mungkin dengan mengatur biaya produksi, keuntungan yang ingin diambil serta biaya pemasarannya seperti biaya dalam proses pendistribusian barang hingga sampai ke tangan konsumen. Kondisi perekonomian seperti kurs rupiah yang semakin menurun dan harga BBM yang naik tentunya mempengaruhi juga ongkos produksi. Promosi merupakan elemen dari strategi bauran pemasaran yang diperlukan untuk menarik minat konsumen. Dengan promosi dapat meciptakan pasar dan menambah konsumen untuk berkunjung ke mebel UD. Jati Indah. Promosi yang dilakukan UD. Jati Indah melalui personal selling, sales promotion dan sedikit menggunakan iklan yaitu yellow pages pada awal mula berdiri. Saluran distribusi pada UD. Jati Indah yaitu menggunakan saluran distribusi langsung yaitu langsung menjualnya ke konsumen dan tidak menggunakan perantara atau agen. Proses pendistribusian dilakukan dengan menggunakan mobil pickup dan pemilik bertanggung jawab penuh hingga barang yang dikirim sampai ke rumah konsumen. Apabila ada kerusakan selama proses pendistribusian maka barang akan di poles dan diperbaiki kembali.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65167
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Annisa Rofiul Ulum - 110910202026.pdf3.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools