Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65150
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuhartiningsih-
dc.contributor.advisorLatief, Misno A.-
dc.contributor.authorNurdianasari, Nindya-
dc.date.accessioned2015-11-30T08:46:27Z-
dc.date.available2015-11-30T08:46:27Z-
dc.date.issued2015-11-30-
dc.identifier.nim110210204093-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65150-
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di kelas VA SDN Sumbersari 03 Jember, kemampuan menulis puisi siswa masih rendah yang ditandai dengan siswa kesulitan dalam pemilihan diksi sehingga diksi yang digunakan siswa kurang mengandung unsur keindahan dan kurang bermakna, serta banyak di antara puisi dari siswa tidak memiliki judul yang tepat sehingga tidak sesuai dengan tema. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VA SDN Sumbersari 03 Jember adalah dengan menerapkan teknik mind mapping (peta pikiran) dengan lingkungan sebagai sumber belajar agar siswa dapat dengan mudah memperoleh kata-kata untuk menulis puisi. Berdasarkan temuan tersebut, maka disusunlah rumusan masalah dari penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimanakah penerapan teknik mind mapping (peta pikiran) dengan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran menulis puisi yang dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VA di SDN Sumbersari 03 Jember; dan (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VA melalui penerapan teknik mind mapping (peta pikiran) dengan lingkungan sebagai sumber belajar di SDN Sumbersari 03 Jember. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan teknik mind mapping (peta pikiran) dengan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran menulis puisi yang dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VA di SDN Sumbersari 03 xii Jember; dan (2) Untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VA melalui penerapan teknik mind mapping (peta pikiran) dengan lingkungan sebagai sumber belajar di SDN Sumbersari 03 Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan guru kelas VA di SDN Sumbersari 03 Jember. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral Hopkins yang berbentuk siklus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, dan dokumentasi. Penerapan teknik mind mapping (peta pikiran) dengan lingkungan sebagai sumber belajar yang dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi adalah melalui tiga tahap, yaitu tahap pra menulis, menulis, dan revisi. Pra menulis yaitu membimbing siswa dalam melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar siswa dan dalam pembuatan mind mapping (peta pikiran); menulis yaitu membimbing siswa memilih kata-kata yang akan ditulis dalam puisinya bedasarkan pengembangan mind mapping (peta pikiran); serta revisi yaitu memberikan pendapat maupun saran terhada puisi yang telah dibuat oleh siswa. Kemampuan menulis puisi siswa kelas VA SDN Sumbersari 03 Jember mengalami peningkatan sebesar 13,34% dari prasiklus ke siklus I, 17,70% dari siklus I ke siklus II, dan 31,04% dari prasiklus ke siklus II. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa kelas VA pada prasiklus adalah 70,67, meningkat menjadi 74,83 pada siklus I, dan mengalami peningkatan kembali menjadi 82,03 pada siklus II. Berdasarkan hasil perbandingan tersebut, penerapan teknik mind mapping (peta pikiran) dengan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VA SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah guru-guru hendaknya menerapkan teknik mind mapping (peta pikiran) dengan lingkungan sebagai sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, maupun pada mata pelajaran lain.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMenulis Puisi, Mind Mapping (Peta Pikiran)en_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VA melalui Penerapan Teknik Mind Mapping (Peta Pikiran) dengan Lingkungan sebagai Sumber Belajar di SDN Sumbersari 03 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nindya Nurdiansyah - 110210204093.pdf2.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools