Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65098
Title: PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN VAK (VISUALIZATION AUDITORI KINESTHETIC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS III SD NEGERI PUGER KULON 01 JEMBER
Authors: Bektiarso, Singgih
Agustiningsih
Istiqfaroh
Keywords: Pendekatan VAK (Visualization Auditori Kinesthetic)
Issue Date: 30-Nov-2015
Abstract: Peran pendidikan penting untuk mencetak generasi penerus bangsa yang mampu menjawab tantangan era globalisasi. Maka guru sebagai pihak yang berperan langsung dalam mendidik siswa harus dapat menciptakan iklim belajar yang mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran sehingga memperoleh hasil belajar yang maksimal. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk menerapkan pendekatan pembelajaran yang variatif dan memperhatikan gaya belajar siswa yaitu pendekatan VAK (visualization auditori kinesthetic). Pendekatan VAK merupakan suatu pendekatan yang mengkombinasikan tiga gaya belajar visualization (melihat), auditori (mendengar), dan kinesthetic (bergerak). Dengan melihat, mendengar, dan bergerak siswa akan lebih mudah mempelajari dan menjawab rasa ingin tahunya tentang fenomena alam yang merupakan bagian dari pembelajaran IPA. Hal ini menarik perhatian peneliti untuk merumuskan masalah yaitu adakah pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan VAK terhadap hasil belajar IPA kelas III. Pendekatan VAK diharapkan dapat memberi pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidak pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan VAK (visualization, auditori, kinesthetic) terhadap hasil belajar IPA kelas III. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Puger Kulon 01 selama dua pekan, sejak tanggal 26 Maret sampai dengan 07 April 2015. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pra experimental dengan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Puger Kulon 01. Dalam menentukan sampel penelitian, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi ix berdasarkan hasil belajar IPA pada semester ganjil. Hasil uji homogenitas menunjukkan harga F0 = 0,471, kemudian dikonsultasikan dengan Ftabel pada dbd= 115 dengan taraf signifikan 5% yang mempunyai nilai 3,077, sehingga Fhitung<Ftabel yang berarti kemampuan awal siswa adalah homogen. Selanjutnya dilakukan teknik random untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh kelas IIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIC sebagai kelas kontrol. Metode tes menjadi metode pengumpulan data yang utama dalam penelitian ini. Skor tes siswa berupa nilai post test dianalisis dengan menggunakan uji t-test dengan hasil thitung = 4,419, sedangkan nilai ttabel dengan db = Nx+Ny-2 = 40 + 38 = 76 pada taraf signifikan 5% adalah 1,667, sehingga thitung>ttabel yaitu 4,419 > 1,667. Maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan VAK terhadap hasil belajar IPA kelas III SD Negeri Puger Kulon 01. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan VAK (visualization, auditori, kinesthetic) terhadap hasil belajar IPA kelas III SD Negeri Puger Kulon 01. Pendekatan VAK diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif pendekatan pembelajaran di kelas yang dapat menunjang hasil belajar siswa dan mengembangkan kreatifitas guru sesuai dengan tujuan pedidikan, serta menjadi salah satu sumber rujukan dalam melakukan penelitian lebih lanjut terkait penerapan pendekatan VAK dalam mata pelajaran IPA.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65098
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
110210204043_Istiqfaroh_may.pdf4.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools